Baznas Padang Panjang Gelar Anugerah Hafiz 2021
×

Adsense

Adsense Mobile

Baznas Padang Panjang Gelar Anugerah Hafiz 2021

Selasa, 23 November 2021 | 15:00 WIB Last Updated 2021-11-23T09:08:07Z



Baznas Padang Panjang Gelar Anugerah Hafiz 2021
Baznas Padang Panjang Gelar Anugerah Hafiz 2021.

Padang Panjang, MJNews.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), wadah yang diberi wewenang dalam mengurus dana umat. Tidak hanya fokus menyalurkan bantuan untuk masyarakat miskin saja namun dalam konteksnya sebagai badan sosial keumatan. Baznas juga punya program keagamaan yang bersifat mendidik. Salah satunya, pemberian Anugerah Hafiz bagi kalangan pelajar dan umum.

Usai gelaran MTQ Nasional ke-39 tingkat Sumbar di Kota Padang Panjang, Baznas Padang Panjang menyelenggarakan Anugerah Hafiz 2021 untuk para penghafal Al Quran. Para hafiz dan hafizah itu akan diberi beasiswa sesuai jumlah hafalan.

Anugerah Hafiz tahun 2021 digelar di Islamic Center selama dua hari diikuti 250 orang peserta berasal dari Kota Padang Panjang. Untuk lebih menyemarakkan gelaran hafizh itu, Walikota Fadly Amran membuka secara resmi penganugerahan hafiz tersebut. Turut didampingi Kakamenag, Drs Alizar Chan, Dt. Sindo Nan Tongga, Ketua Baznas dan anggota. 

Ketua Baznas Syamsuarni usai acara mengatakan, Baznas akan memberikan beasiswa kepada anak-anak penghafal Al Qoran dan pemberian anugerah ini bertepatan dengan Hari Jadi Kota (HJK) ke-231 pada 1 Desember mendatang.

Besaran beasiswa yang akan kita diberikan, sesuai kemampuan masing-masing penghafal, untuk 1 juz sebesar Rp 350 ribu, Rp 500 ribu untuk penghafal 2 juz, Rp 750 ribu, penghafal 3 juz dan Rp 1 juta, bagi yang hafal 5 juz ditambah satu buah Al Quran masing-masing anak.

Di tempat yang sama, Jasriman menambahkan, kategori penerima, kategori 1 juz, dengan syarat peserta maksimal kelas 3 SD. Kategori 2 juz, minimal kelas 4-6 SD. Sedangkan 3 juz untuk pelajar SMP dan 5 juz untuk peserta tingkat SMA sederajat.

"Untuk kategori imam masjid, tidak ada batasan umur dan peserta wajib menghafal 3 juz,” ujar Jasriman.

Sebanyak 250 orang peserta sudah mendapat surat rekomendasi dari sekolah atau rumah tahfiz maupun TPA/TPQ.

"Artinya, dengan adanya surat rekomendasi tersebut, pihaknya dapat mengetahui secara sah keberadaan anak dalam mengukuti ajang ini," ujar Jasriman.

Sementara Ketua Kakamenag Alizar Chan Dt. Sindo Nan Tongga, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Baznas Kota Padang Panjang, dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat anak maupun pelajar di Kota Padang Panjang untuk menjadi penghafal Qur’an.

“Tujuan akhirnya menjadikan Padang Panjang sebagai Kota Penghafal Qur'an, sesuai dengan slogan Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekah pencetak Tahfiz dan ulama," ujarnya. 

Ide program anugerah Hafiz Alquran ini sangat bernas sekali yang digagas Baznas, guna memunculkan generasi-generasi Qurani di masa yang akan datang. 

"Untuk itu, program Baznas ini perlu untuk dilanjutkan dan disolidkan di masa-masa datang," katanya.

Disebutkannya, dengan banyaknya bermunculan lembaga tahfiz Al-Quran di Kota Padang Panjang, mulai tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Kini saat yang tepat, kota Padang Panjang untuk melaunching Kota Padang Panjang sebagai kota tahfiz. Dimana para Hafizh akan banyak muncul dari kota ini,” sebut Alizar Chan.

Sementara Walikota Fadly Amran, menjawab MJNews.id mengatakan, penyelenggaraan MTQ Nasional XXXIX tingkat Sumbar, kegiatan anugerah Hafidz alquran digagas Baznas berdampak baik bagi perkembangan keagamaan di kota ini. Selaku kepala daerah, kita sangat mengapresiasi kegiatan langka dan punya nilai tinggi bagi Padang Panjang sebagai kota Serambi Mekah. 

"Ke depannya, kegiatan serupa bisa berlanjut terus menerus sehingga masjid islamic center ini betul-betul semakin nampak gezahnya sebagai ikon keagamaan," pungkasnya.

(son)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update