Bendahara Desa Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas PPKD dan TPK Barang dan Jasa
×

Adsense

Adsense Mobile

Bendahara Desa Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas PPKD dan TPK Barang dan Jasa

Senin, 15 November 2021 | 11:00 WIB Last Updated 2021-11-15T05:48:05Z



Bimtek Peningkatan Kapasitas PPKD dan TPK Barang dan Jasa
Bimtek Peningkatan Kapasitas PPKD dan TPK Barang dan Jasa se-Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

MAGELANG, MJNews.ID - Hari ini Senin 15 Nopember 2021, sebanyak 21 Bendahara desa se Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas PPKD dan TPK Barang dan Jasa yang bertempat di Hotel Trio Mertoyudan Magelang.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Paguyuban Kepala Desa dan Paguyuban Sekretaris Desa di Kecamatan Tegalrejo. Adapun Nara Sumber dalam acara tersebut dari Dispermades, Pajak Pratama dan Satgas Siskeudes.

Dalam kesempatan tersebut, Djoko Susilo, S.Sos dari Dispermades memberikan materi tentang tugas pokok dan fungsi dari Kaur Keuangan dan Bendahara Desa.

Berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 pasal 1 angka 16, berbunyi : “Bendahara adalah unsur staf sekretariat desa yang membidangi urusan administrasi keuangan untuk menatausahakan keuangan desa.”

Permendagri Nomor 83 Tahun 2015, Pasal 1, angka 5, berbunyi : “Perangkat Desa adalah unsur staf yang membantu Kepala Desa dalam penyusunan kebijakan dan koordinasi yang diwadahi dalam Sekretariat Desa, dan unsur pendukung tugas Kepala Desa dalam pelaksanaan kebijakan yang diwadahi dalam bentuk pelaksana teknis dan unsur kewilayahan.”

Permendagri Nomor 83 Tahun 2015, Pasal 8, berbunyi:
(1) Kepala Desa dapat mengangkat unsur staf Perangkat Desa.
(2) Unsur staf sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah untuk membantu Kepala Urusan, Kepala Seksi, dan Kepala kewilayahan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan desa.

Dalam Pemerintah Desa unsur staf sekretariat desa dengan unsur staf perangkat desa itu berbeda strata dan personalnya. Sedangkan bendahara desa itu adalah unsur staf sekretariat desa, bukan dari unsur staf perangkat desa.

Bendahara desa dari unsur staf sekretariat desa yang membidangi urusan administrasi keuangan, bukan dari unsur staf yang lain.

Jadi bendahara desa memiliki strata dan personal yang berbeda dengan perangkat desa lainnya. Bendahara Desa termasuk dalam unsur staf sekretariat desa, sehingga tugasnya adalah membidangi urusan administrasi keuangan di Pemerintahan Desa.

Sementara materi tentang perpajakan disampaikan oleh tim dari KPP Pratama Magelang yang terdiri dari 4 orang. Adapun salah satu materi yang disampaikan pada kesempatan tersebut yaitu sosialisasi tentang e-bupot.

(YYK)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update