Bupati Solok Sampaikan Program Unggulan di Nagari Batu Bajanjang
×

Adsense

Adsense Mobile

Bupati Solok Sampaikan Program Unggulan di Nagari Batu Bajanjang

Jumat, 19 November 2021 | 03:30 WIB Last Updated 2021-11-19T07:37:46Z



Bupati Solok Sampaikan Program Unggulan di Nagari Batu Bajanjang
Bupati Solok Sampaikan Program Unggulan di Nagari Batu Bajanjang.

AROSUKA, Mjnews.id - Bupati Solok, H. Epyardi Asda melakukan kunjungan kerja ke Nagari Lembang Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya. Selain menyampaikan program unggulan yang sedang dirancang oleh Pemerintah Daerah, Bupati turut mendengarkan masukan dan keinginan pembangunan di Nagari Batu Bajanjang sekitarnya di SMP N 6 Lembang Jaya, Rabu 17 November 2021.

Turut mendampingi, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Emiko Epyardi Asda. Anggota DPRD Kabupaten Solok, Mulyadi dari Partai Demokrat. Plt. Camat Lembang Jaya, Edi Solmar, beserta jajaran. Forkopimcam Lembang Jaya. Wali Nagari dan perangkat Niniak mamak, Alim ulama, bundo kanduang, beserta masyarakat Nagari Batu Bajanjang.

Ketua pelaksana kegiatan, Gusnalson dalam laporannya menyebutkan kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama seluruh pihak. Dari unsur pemerintahan dan masyarakat Nagari.

Ditambahkannya dimasa kepemimpinan Bupati Epyardi seluruh pembangunan infrastruktur Nagari dapat terbangun secara adil dan merata.

"Di Nagari kami ini sangat membutuhkan saluran air bersih tanggul penahan antisipasi banjir bandang. Di mana pada tahun 2020 yang lalu terjadi banjir bandang yang merusak lahan pertanian dan infrastruktur Nagari," harap Gusnalson.

Sementara itu, Wali Nagari Batu Bajanjang, Ulil Amri mengatakan di tahun 2021 ini sudah banyak kegiatan yang masuk di Nagari Batu Bajanjang. Sebanyak 14 kegiatan fisik yang bersumber dari APBD Kabupaten Solok, DAK Provinsi dan dana aspiraai dari dari anggota DPR RI, Athari Ghauti Ardi.

"Kami atas nama masyarakat khususnya di Nagari Batu Bajanjang, sangat berterima kasih atas perhatian dari seluruh pihak. Namun melihat kondisi Nagari kami yang masih tertinggal dari Nagari lain di sisi pembangunan infrastruktur, kami berharap dukungan dari seluruh pihak. Dari Bupati, DPRD dan DPR RI yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Solok," pintanya.

Menyambut itu, acara yang sejatinya adalah peresmian serah Terima jabatan Plt Camat Lembang Jaya tersebut dimanfaatkan oleh Bupati Epyardi mendengarkan keluhan masyarakat. Tak lupa Bupati meminta dukungan seluruh masyarakat di Lembang Jaya untuk mewujudkan visi misi Bupati menciptakan Kabupaten Solok terbaik.

Adapun program unggulan pemerintah daerah yang telah dituangkan dalam RPJMD 2021-2026, adalah menciptakan pembangunan berbasis kerakyatan. Di mana 1 sen anggaran APBD, akan dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat.

"Jadi saya dari awal menyampaikan bahwa pengabdian ini adalah untuk masyarakat. Seluruh program pembangunan akan menyentuh seluruh masyarakat," sambut Bupati.

Ditambahkan Bupati, konsentrasi pemerintah dalam masa pemerintahan yang singkat ini adalah membangun 5 sektor unggulan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Infrastruktur, Pertanian, UMKM Pariwisata dan Pendidikan.

Untuk sektor infrastruktur, progres tersebut telah berjalan, di mana pemerintah daerah telah melakukan pengadaan ekskavator yang dimanfaatkan oleh setiap nagari-nagari. Pemerintah nagari diberikan kewenangan untuk memanfaatkan alat berat tersebut, untuk melakukan kegiatan pembangunan. Seperti pembukaan jalan baru, lahan pertanian dan lainnya.

Di bidang pertanian, pemerintah melalui dinas terkait telah menyediakan berbagai bibit buah unggulan yang dibagikan gratis kepada masyarakat. Seperti bibit Alpokat, Durian Pepaya serta benih unggul varietas Anak Daro dan Cisokan. Yang nantinya juga akan dibagikan secara gratis ke masyarakat melalui kelompok tani.

Ditegaskannya, kepemimpinan yang sedang berjalan ini adalah wujud pengabdian ikhlas dirinya dalam membangun Kabupaten Solok menjadi terbaik di Sumatera Barat.

"Insya Allah, jika kita berjalan dijalan yang lurus, tidak akan ada yang mampu menghalangi jalannya pembangunan tersebut," tutup Bupati.

(zal)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update