Camat Sutera Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kampung Tanjung Gadang
×

Adsense

Adsense Mobile

Camat Sutera Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kampung Tanjung Gadang

Rabu, 03 November 2021 | 02:00 WIB Last Updated 2021-11-03T08:14:08Z



Camat Sutera Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kampung Tanjung Gadang
Camat Sutera Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kampung Tanjung Gadang.

Pesisir Selatan, Mjnews.id - Camat Sutera, Loli Novita, salurkan bantuan kepada warga yang menjadi korban banjir akibat hujan deras yang terjadi Sabtu (30/10/2021) hingga Minggu (31/10/2021) dini hari lalu di Kampung Tanjung Gadang, Nagari Amping Parak Timur.

Penyaluran bantuan yang berasal dari sumbangan secara basidoncek itu, dilakukan Senin (1/11/2021) kepada keluarga Linda 40, yang rumahnya hanyut di Kampung Tanjung Gadang itu, sejauh 400 meter, hingga terdampar dekat perkebunan kelapa sawit milik warga.
 
"Kita memang sangat prihatin atas musibah yang dialami oleh warga Kampung Tanjung Gadang, Nagari Ampiang Parak Timur itu. Sebab banjir yang terjadi pada hari Minggu (31/11/2021) dini hari itu telah membuat 1 unit rumah panggung hanyut dan terdampar sekitar 400 meter di dekat kebun sawit milik masyarakat. Kejadian itu tentu membuat korban kehilangan tempat tinggal. Dari itu kita wajib untuk meringankan bebannya, dengan cara basidoncek," katanya.

Dijelaskannya bahwa melalui basidoncek sebagaimana dilakukan saat apel pagi Senin (1/11/2021) di kantor camat itu, terkumpul uang sebesar Rp 700 ribu.

"Melalui uang itu, sehingga kita bisa membelikan berbagai kebutuhan sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, gula, kopi, teh, telur, dan mie instan. Paket sembako itu telah kita salurkan kepada keluarga Linda. Mudah-mudahan bantuan yang tidak seberapa ini bisa meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhannya saat ini," ucapnya.

Dia menambahkan bahwa untuk bisa kembali menempati rumah yang layak, pihaknya bersama pemerintah nagari akan mengupayakan usulan melalui rehab rumah tidak layak huni (RTLH) kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pesisir Selatan dan lainnya. Selain itu, pihaknya juga sudah melaporkan peristiwa itu ke tingkat kabupaten.

"Sebab untuk bisa kembali membangun rumah dalam waktu singkat, akan sangat sulit bisa tercapai oleh mereka karena keterbatasan ekonomi," ujarnya.

Wali Nagari Ampiang Parak Timur, Mulyadi, Selasa (2/11/2021), menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Sutera, dan jajarannya karena telah menunjukan kepedulian melalui bantuan yang sudah disalurkan itu.

"Saya berharap agar keluarga yang menjadi korban banjir yang rumahnya hanyut ini bisa tetap bersabar. Bersama pihak kecamatan, kita akan terus berupaya untuk mencarikan solusi perbaikan dalam waktu dekat. Tentunya melalui program bantuan RTLH," ujarnya.

Ditambahkannya bahwa bencana banjir yang terjadi pada Minggu (31/10/2021) lalu itu akibat dari luapan air Batang Sungai Tawa.

"Luapan itu terjadi karena hujan deras selama dua hari yakni Sabtu (30/10/2021) hingga Minggu (31/10/2021) dini hari di nagari ini," timpalnya.

(myd)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update