Dalam Tiga Bulan, Sudah Tiga Kali Kios Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar
×

Adsense

Adsense Mobile

Dalam Tiga Bulan, Sudah Tiga Kali Kios Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar

Rabu, 24 November 2021 | 21:30 WIB Last Updated 2021-11-24T16:41:49Z



AKP HJ Rita HS
Kapolsek Kota Bukittinggi, AKP HJ Rita HS.

Bukittinggi, MJNews.id - Peristiwa kebakaran yang terjadi di Pasar Bawah Kota Bukittingg, Rabu 24 November 2021 pukul 00.30 WIB dinihari ini adalah peristiwa kebakaran yang ketiga kalinya, jaraknya dalam tempo 3 bulan. Masih belum hilang dari ingatan warga peristiwa kebakaran pertama dan kedua, sekarang warga Bukittinggi dikagetkan peristiwa yang sama.

Kebakaran kali ini yang terjadi di Pasar Bawah berdekatan dengan janjang gantung, sebanyak 15 kios tambah lapak bulan dan harian hangus terbakar, peristiwa kebakaran yang kedua dan ketiga, jaraknya hanya dalam satu minggu.

Peristiwa kebakaran kali ini hampir saja melebar karena cepat diantisipasi berkat kesigapan petugas pemadam kebakaran dan warga saling bahu membahu untuk memadamkan api. Api baru dapat dipadamkan setelah satu jam, kios yang terbakar sebanyak 15 petak adalah pedagang pecah belah, pedagang asesoris, bumbu. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Kapolsek Kota Bukittinggi, AKP. HJ. Rita HS, ketika dikonfirmasikan MJNews.id mengatakan, kebakaran yang terjadi saat ini merupakan kebakaran yang kedua sejak saya dilantik menjadi Kapolsek Kota Bukittinggi. Memang benar kita mendapatkan musibah tadi malam pukul 00.30 WIB, terjadi kebakaran di Pasar Bawah dan kita langsung menerjunkan pasukan kita langsung menuju TKP dan melakukan tindakan bagaimana api bisa cepat padam. Alhamdulillah, api bisa di padamkan pada pukul 01.20 WIB.

Api baru dapat dipadamkan setelah 6 mobil damkar dari Bukittinggi tambah 3 dari Kabupaten agam, kita bersyukur api tidak terlalu menyebar, sehingga kerugian berupa lapak-lapak pedagang di pasar bawah dari hasil pendataan terdapat 15 kios, diantaranya pedagang yang berjualan ramu-ramuan, aksesoris, pecah belah, bumbu-bumbu. Kerugian mencapai Rp 350 juta.

"Saya langsung ke TKP dan melihat tempat itu sudah diberi police line oleh anggota kita. Kejadian ini kita harus mencermati karena rabu 17 november yang lalu juga terjadi kebakaran, selang seminggu setelah itu tepatnya hari ini Rabu 24 November 2021 juga terjadi kebakaran.

Kita sudah berbicara terutama petugas malam untuk lebih mengontrol terhadap pasar yang mereka amankan, setelah itu bapak walikota beserta jajaran datang ke TKP untuk meninjau kebakaran tersebut, setelah di tinjau pasti bapak walikota mengambil sikap terhadap kejadian ini. 

Kami dari pihak kepolisian tentu melakukan penyelidikan terkait sumber apinya dari mana. Dan di saat kejadian memang ada orang yang ditemukan di TKP dan langsung ditindaklanjuti oleh anggota kami dan ini masih dalam penyelidikan kami.

Kami juga belum bisa memastikan apakah kejadian ini berasal dari arus pendek kita melihat pasar bawah ini kiosnya sangat rapat. Jadi kami juga menghimbau kepada pihak PLN untuk melakukan pengecekan listrik pada kios-kios pasar ini.

"Terkait dengan kebakaran ini, tentu kita bersama-sama menangani kasus ini, untuk ke depannya kita harus memperhatikan penataan pasar yang bagus lagi, lebih memperhatikan listrik lagi, pengamanan yang harus lebih memenuhi standar lagi, sehingga tidak ada lagi kebakaran pasar ini," ujar Kapolsek Kota Bukittinggi, AKP HJ Rita HS.

(Ril)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update