Desemberius, Sang Pembina IUMKM Kota Padang Itu Pensiun
×

Adsense

Adsense Mobile

Desemberius, Sang Pembina IUMKM Kota Padang Itu Pensiun

Rabu, 24 November 2021 | 17:21 WIB Last Updated 2021-11-24T10:21:48Z



Padang, Mjnews.id - Selama 38 tahun mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Daerah Kota Padang, pada Januari 2022 nanti Desemberius, SH, MM memasuki masa pensiun. 

Desemberius lahir 12 Desember 1963, dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejak 1983 memulai karier (PNS)-nya di Kantor Departemen Perdagangan (Kandep), ketika itu Kandep masih vertikal di Kota Padang.

Namun, sejak Desemberius menjadi PNS bermula dinas di Kandep sampai sekarang bernama Kantor Tenaga Kerja dan Industri (Nakerin) Kota Padang, Desemberius tidak pernah pindah kantor.

Berkaca dari pengakuan Desemberius ketika awak media ini bertandang ke kantornya, mengajak Desemberius berbincang.

Apa rencana setelah pensiun?

"Rencana setelah pensiun tetap melakukan pembinaan untuk Ikatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM) Kota Padang, sebagai 'ladang' amal,  karena ikatan ini terdiri dari kelompok pelaku usaha swasta," ungkapnya.

Sekarang posisi terakhir Desemberius menjelang habis pergantian tahun 2021, masih tetap sebagai Sekretaris Dinas (Sekdin) Nakerin Pemko Padang.

Begitu lama menjadi 'tuan' rumah di dinas yang lebih banyak melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha IUMKM di Kota Padang itu, Ternyata, Desemberius merupakan pegawai yang tergolong piawai membina pelaku usaha mikro kecil dan menengah di kantor dinas yang satu ini.

Background ilmu yang dimilikinya tak pula banyak dimiliki oleh ASN yang lainnya, mengakibatkan Desemberius menjadi juara 'bertahan' di kantor yang beragam kompleksitas problema para tenaga kerja ini. 

Lalu, apa saja buah prestasinya yang telah pernah ditelorkan pada pelaku usaha IUMKM Kota Padang?

Terkait itu, menurut Desemberius, sekarang bagaimana pelaku usaha IUMKM Kota Padang bisa menembus prestasi pasar eksport.

Lanjutnya, perlu langkah prestasi dengan memberikan edukasi, motivasi kepada IUMKM/industri usaha mikro kecil dan menengah.

"Memberikan edukasi dan motivasi agar IUMKM memahami dan potensi ekspor dalam pengembangan usahanya," imbuhnya, lagi. 

Sebelum ini, Desemberius, pernah juga berdinas di Kantor Dinas Perindagtamben sebelum dilebur menjadi menjadi 2 Kantor Dinas Perdangan dan Kantor Dinas Nakerin (masing masing Kota Padang).

Selama berdinas, Desemberius juga pernah menggapai prestasi, terpilih menjadi Ketua Asosiasi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Padang 2013-2016.

Membawa BPSK Kota Padang Sebagai BPSK Terbaik Indonesia Kota Padang Tahun 2012. 

Terus apalagi?

Sambung Desemberius pula, selama berdinas telah banyak melakukan pembinaan kepada pelaku usaha IUMKM, dan salah satunya pelaku usaha Randang ACC yang terus eksis tersohor saat ini, dan produksi Randang ACC yang telah dikenal di nusantara.

(Obral Caniago)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update