DLH Dharmasraya Kerahkan Alat Berat Bersihkan Sampah Meluber ke Jalan
×

Adsense

Adsense Mobile

DLH Dharmasraya Kerahkan Alat Berat Bersihkan Sampah Meluber ke Jalan

Senin, 29 November 2021 | 20:43 WIB Last Updated 2021-11-29T13:43:05Z



DLH Dharmasraya Kerahkan Alat Berat Bersihkan Sampah Meluber ke Jalan
DLH Dharmasraya Kerahkan Alat Berat Bersihkan Sampah Meluber ke Jalan. (eko)

DHARMASRAYA, Mjnews.id - Kondisi sampah yang tidak terurus hingga ke ruas jalan yang berada di lokasi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) yang berada di Jalan Aur Jaya Sitiung 5, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada Senin (29/11/2021) telah dibersihkan dengan menggunakan alat berat dan dilakukan penataan supaya tidak meluber ke jalan lintas lagi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dharmasraya, Silaturahim, yang ditemui di ruangannya oleh awak media mengatakan, sampah yang berserakan berapa waktu lalu lokasi TPAS yang berada di Jalan Aur Jaya Sitiung 5 pada hari ini telah dibersihkan dengan menggunakan alat berat.

Ditambahkannya, untuk penanganan sampah tersebut memang kewenangannya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dharmasraya. Sebenarnya untuk luas areal lahan TPAS di sana 14 ribu meter persegi, selama ini penanganan sampah dalam satu bulan penuh dan terus bertambah. Dan untuk alat berat yang beroperasi di sana hanya satu kali dalam sebulan.

Melihat kondisi sekarang sampah sampai meluber hingga ke ruas jalan karena keterbatasan alat berat yang ada selama ini. Menurut data yang kami terima, alat berat yang dimiliki DLH ada 3 unit, yang dua unit dalam kondisi rusak, dan satu unit dalam kondisi ready (baik) yang bisa dipakai. Artinya antrian menggunakan alat tersebut.

Kemarin itu kita menunggu alat berat tersebut, ternyata sampah tersebut telah menumpuk. Informasi yang kita dapat pada hari ini alat berat tersebut sudah berada di lokasi TPAS tersebut untuk melakukan pekerjan secepat mungkin supaya tidak meluber ke jalan," ucap Silaturahim.

Sampah yang menumpuk nantinya kita geser dan dilakukan penimbunan dengan tanah. Setelah dipadatkan kemudian ditimbun lagi dengan sampah berikutnya, begitulah prosesnya.

Untuk idealnya, alat berat harus standby di lokasi TPAS tersebut, kemudian ke depannya DLH Kabupaten Dharmasraya bersama pemerintah daerah serta unsur yang lain bekerjasama tentang sampah.

"Kita berharap kejadian ini tidak terulang lagi," ucap Sekretaris DLH Kabupaten Dharmasraya, Silaturahim.

(eko)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update