Masuk 10 Besar IGA, Genius Umar Paparkan Inovasi Pemko Pariaman
×

Adsense

Adsense Mobile

Masuk 10 Besar IGA, Genius Umar Paparkan Inovasi Pemko Pariaman

Jumat, 26 November 2021 | 02:00 WIB Last Updated 2021-11-25T19:00:00Z



Genius Umar Paparkan Inovasi Pemko Pariaman
Walikota Genius Umar memaparkan inovasi yang telah dilakukan oleh Pemko Pariaman di hadapan tim penilai di Aula Utama Kemendagri RI, Jakarta, Kamis (25/11/2021). (humas)

Kota Pariaman, Mjnews.id - Tahun ini, Kota Pariaman menjadi daerah 10 besar Inovasi Government Award (IGA) penilaian Kementerian Dalam Negri RI. Walikota Pariaman, Genius Umar memaparkan inovasi yang telah dilakukan oleh Pemko Pariaman di hadapan tim penilai di Aula Utama Kemendagri RI, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Di antara 87 inovasi yang dilahirkan, Genius memaparkan 3 inovasi unggulan yakni program Satu Keuarga Satu Sarjana (Sagasaja), Badoncek dan Sedekah Pagi (Basigi) dan Ternak Aman Peternak Nyaman (Tampan).

“Banyak program yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan namun kemiskinan sendiri tidak jauh berkurang, salah satu yang kami lakukan untuk memutus rantai kemiskinan itu adalah dengan meningkatkan kwalitas SDM nya, yakni menguliahkan mereka melalui program Sagasaja”, terang Wako Pariaman dihadapan tim penilai.

“Program ini telah kami laksanakan sejak Tahun 2018, dengan menguliahkan mereka ke perguruan tinggi bokasi yang telah bekerjasama dengan Pemko Pariaman”, sambungnya.

Pemko Pariaman telah menguliahkan anak Kota Pariaman hingga 200 orang yang tersebar pada perguruan seperti Politeknik Negeri Padang, ATI Padang, Poltekpel Sumbar, PKP dan lainnya.
Program ini dianggarkan oleh Genius untuk membayar uang kuliah dan uang saku mahasiswa Sagasaja 1 miliyar setiap tahunnya. Selain menggunakan APBD program ini juga dibantu oleh Baznas Kota Pariaman dan dana CSR Bank Nagari serta partisipasi masyarakat perantau.

Inovasi ini sangat diapresiasi oleh tim penilai karena pendidikan merupakan langkah tepat untuk memutus rantai kemiskinan di daerah.

Salah seorang tim penilai dari Kemenkeu RI, Nadya mengungkapkan pujiannya ke Pemko Pariaman.

“Saya sangat apresiasi sekali dengan program Sagasaja ini karena merupakan langkah nyata yang dilakukan oleh Pemko Pariaman untuk mengurangi kemiskinan," ujarnya. 

Hadir panelis dari Kementrian dan Lembaga seperti dari Kemenkeu, Bappenas, dan akademisi.

(hms/sul)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update