Nono Sampono Dorong Senam Tera Wujudkan Indonesia Bugar
×

Adsense

Adsense Mobile

Nono Sampono Dorong Senam Tera Wujudkan Indonesia Bugar

Senin, 01 November 2021 | 08:00 WIB Last Updated 2021-11-01T15:27:16Z



JAKARTA, MJNews.id - Ketua Umum Senam Tera Indonesia (STI) Dr. Nono Sampono, MSi mengukuhkan dan melantik tujuh pengurus daerah Senam Tera.

Ketujuh pengurus daerah yang dilantik adalah Sumsel, Aceh, Riau, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung. 

Sementara itu masih ada pengurus STI provinsi di Sumatera yang belum dikukuhkan yaitu Sumatera Utara dan Sumatera Barat kalau Sumatera Barat hanya pengukuhan kembali artinya seluruh pengurus daerah STI di Pulau Sumatera sudah selesai semua. 

Menurut Nono, semua senam itu baik, namun yang membedakan STI dengan senam yang lainnya adalah, senam tera memiliki tiga paket yang pertama steering, yang kedua persendian dan yang ketiga pernapasan. 

"Tiga paket inilah yang membedakan senam tera dengan senam yang lainnya. Kalau senam lainnya orientasinya pada gerakan namun tidak mengatur pernapasan," terangnya.

Wakil Ketua DPD RI ini juga mengakui bahwa senam tera diadopsi dari senam Taichi yang dikembangkan. Tera itu asalnya dari Terapi. Sedangkan Taichi itu ada dua yang pertama bela diri yang kedua terapi. 

Dengan dilantik tujuh pengurus daerah senam tera ini, Nono berharap kepada figur figur pengurus yang memiliki potensi yang bagus memimpin senam tera didaerahnya masing - masing. 

"Sehingga bagaimana kita secara nasional bisa menjawab angka 82,3 persen masyarakat Indonesia bermasalah dengan kesehatan dan kebugaran. Nah melalui senam tera mari kita wujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan bugar," pungkas Nono.

Salah satu tantangan besar STI di era digital saat ini adalah masyarakat Indonesia lebih cenderung menikmati bermain gadget ketimbang melakukan aktivitas fisik. Hal tersebut sangat memprihatinkan dan marak terjadi pada anak-anak dan remaja.

“Perlu adanya atensi khusus pada pengembangan olahraga masyarakat. Dengan masyarakat yang lebih sehat dan bugar serta memiliki imunitas yang tinggi tentunya akan berpengaruh pada peningkatan prestasi olahraga nasional kita” tutup Nono Sampono.

(rls/dpd)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update