Pasambahan Adat Dilombakan dalam Sumarak Alek Nagari Padang Pariaman 2021
×

Adsense

Adsense Mobile

Pasambahan Adat Dilombakan dalam Sumarak Alek Nagari Padang Pariaman 2021

Kamis, 04 November 2021 | 05:30 WIB Last Updated 2021-11-04T07:41:52Z

loading...
Rahmang
Wakil Bupati Padang Pariaman, Drs. Rahmang, MM.

Parit Malintang, Mjnews.id - Wakil Bupati Padang Pariaman, Drs. Rahmang, MM memberikan sambutan dalam Acara Sumarak Alek Nagari hari kedua dengan Agenda Pasambahan Adat Niniak mamak dalam nagari bertempat di Hall IKK, Rabu (3/11/2021).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Rahmang menyebutkan sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya yg biasa disingkat Padang Pariaman Berjaya, kegiatan sumarak alek nagari adalah satu perwujudannya.

“Budaya pasambahan adat merupakan salah satu perwujudan visi misi Padang Pariaman berjaya, untuk mempertahankan kebiasaan sambah manyambah dalam adat masyarakat Padang Pariaman,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Ninik Mamak di tengah anak kemenakan dan masyarakat yang ditinggikan sarantiang didahulukan salangkah sangat penting dalam kehidupan masyarakat minangkabau.

Lebih lanjut wabup menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh semakin sedikitnya orang yang pandai dalam berpidato adat atau pasambahan akhir-akhir ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa muncul kembali keinginan untuk mempelajari nilai-nilai budaya Minangkabau terutama dalam berpidato atau Pasambahan Adat Minangkabau.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Tim dari 17 kecamatan se-Kabupaten Padang Pariaman, satu tim terdiri dari 2-6 orang. Juri sebagai penilai dalam lomba pasambahan adat memeriahkan Sumarak Alek Nagari tersebut terdiri dari 3 orang yaitu Aga Dt. Rangkayo Mudo, Kamal Guci dan Suparman.

(rls/sul)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update