PDAM Padang Panjang Punya Tanggung Jawab Moral Tinggi Jamin Ketersediaan Air Bersih
×

Adsense

Adsense Mobile

PDAM Padang Panjang Punya Tanggung Jawab Moral Tinggi Jamin Ketersediaan Air Bersih

Selasa, 16 November 2021 | 13:00 WIB Last Updated 2021-11-16T08:22:42Z



PDAM Padang Panjang

Padang Panjang, MJNews.id - Suksesnya helatan MTQ ke-39 diselenggarakan di Kota Padang Panjang, merupakan tanggung jawab semua pihak. Begitu juga, dengan Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) Kota Padang Panjang. PDAM, selaku perusahaan plat merah punya tanggung jawab moral yang tidak ringan akan ketersediaan air bersih selama penyelenggaraan MTQ.

Hal tersebut dikatakan Kasubag Perencanaan, Wahyu Tanaka menjawab MJNews.id, Selasa 16 November 2021.

Terkait ketersediaan air PDAM, selama pelaksanaan MTQ, PDAM kota Padang Panjang mendapat tugas yang ringan mensuplay air bersih ke tempat-tempat pelaksanaan MTQ, seperti tempat pemondokan kafilah, masjid-masjid.

"Petugas PDAM, siap siaga selama 24 jam," ujar Wahyu Tanaka.

Untungnya, ketersediaan air bersih PDAM selama ini mencukupi. Cadangan air, pada bak-bak penampungan cukup aman dan mampu menjamin ketersediaan air bersih.

Beberapa unit armada mobil telah kita siap untuk melakukan penyuplaian air pada tempat-tempat yang rawan air bersih.

"Artinya, pihak kita tidak ingin mengecewakan tanggung jawab yang dipikulkan pada PDAM terkait penyediaan air selama penyelenggaraan MTQ di Kota Padang Panjang," terang Wahyu.

Untuk menjamin kelancaran air selama pelaksanaan MTQ, Tim Empat "Fast Response Service" pimpinan Kasubag Perencanaan, Wahyu saban hari bergerak melakukan pengecekan semua instalasi air di lokasi pelaksanaan hingga pemondokan.

"Takutnya kita, ada instalasi pipa PDAM bermasalah, yang mengakibatkan tersendatnya pensuplaian air pada jaringan pipa," terangnya.

Guna menjamin ketersediaan air, PDAM menyiagakan armada tangki air di tempat-tempat strategis, di tempat penginapan kafilah, rumah-rumah penduduk, masjid-masjid.

"Bisa dibayangkan, sekian ribu kafilah dan pendampingnya tiap hari membutuhkan air bersih. Andai, sehari saja air macet tidak terbayangkan bagi kita apa yang akan terjadi bila sehari hidup tanpa air bersih," kata Wahyu.

Tidak hanya di pemondokan kafilah, di masjid-masjid tidak luput dari pemantauan kita. Di sejumlah masjid, kita sudah tempatkan beberapa tandon tengki air, tengki tandon tersebut selalu dicek setiap hari, apa bila kurang atau habis akan diisi kembali.

"Artinya, kita inginkan kenyamanan tamu terganggu gara gara ketersedian air tidak mencukupi. PDAM, selaku penyedia air bersih selama pelaksanaan MTQ punya komitmen dan janji pada pemerintah untuk mensukseskan MTQ dengan cara penyediaan air bersih tanpa kendala dan sesuai mutu air siap pakai untuk bercuci dan keperluan lain selama MTQ," tukuk Wahyu.

(mutia)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update