Pemko Berikan Penghargaan kepada Anak Sawahlunto yang Kuliah di PSDKU UNP

Deri Asta serahkan penghargaan kepada anak Sawahlunto
Wako Deri Asta serahkan penghargaan kepada anak Sawahlunto yang kuliah di PSDKU UNP.

Sawahlunto, Mjnews.id – Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, pada Rabu (10/11/2021) bertepatan dengan Hari Pahlawan, memberikan penghargaan (reward) kepada tujuh (7) orang anak Sawahlunto yang diterima menjadi mahasiswa pada Program Studi Diluar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP). 
Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Irmayulis pada Kamis (11/11/2021) menjelaskan bahwa penghargaan itu diberikan dalam bentuk uang sebesar Rp 1.500.000,-/orang. Sehingga total jumlah penghargaan yang diberikan oleh Pemko Sawahlunto, sebesar Rp 10.500.000,- untuk tujuh (7) mahasiswa asal Sawahlunto. 
Bagi mahasiswa Sawahlunto yang diterima di PSDKU UNP ini, pengajuan berkas untuk mendapatkan reward sudah diatur dalam Perwako dan Surat Edaran dari Wali Kota Sawahlunto.
“Hal ini merupakan bentuk penghargaan kepada anak-anak Sawahlunto yang diterima di Perguruan Tinggi, jadi hanya diberikan sekali saat masuk kuliah. Namun nantinya, mereka ini juga berpeluang untuk memperoleh penghargaan selanjutnya dari Pemko kalau mereka mendapatkan nilai IPK sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar Irmayulis menambahkan. 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril menyebutkan bahwa hal ini, sudah sesuai dan sejalan dengan program pemberian penghargaan kepada anak Sawahlunto yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dengan Akreditasi A dan B. Jumlah reward yang diberikan untuk keseluruhannya pada tahun 2021 ini, sejumlah 588 juta lebih yang telah diberikan kepada 293 orang anak Sawahlunto. 
Pemberian beasiswa untuk anak Sawahlunto yang diterima di PSDKU UNP, merupakan salah satu upaya Pemko dalam mendukung pertumbuhan kampus pertama di Kota Sawahlunto. 
“Adanya Perguruan Tinggi di Sawahlunto ini, merupakan hal yang sudah kita tunggu dan perjuangkan sejak lama. Alhamdulillah sekarang sudah ada dari UNP ini meskipun statusnya masih PSDKU namun pihak UNP sudah menyatakan bahwa kualitas PSDKU tidak akan kalah dengan kampus utama,” ungkap Wali Kota Deri Asta seusai kegiatan kuliah umum pada Rabu (10/11/2021) kemarin di GPK Sawahlunto. 
Pemko Sawahlunto, menurut Wali Kota tentunya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan adanya PSDKU UNP ini. Salah satu upayanya dengan mendukung pertumbuhan PSDKU UNP melalui pemberian beasiswa kepada anak Sawahlunto. 
“Pada tahap awal, untuk pembangunan kampus PSDKU UNP di Sawahlunto, Pemko telah menghibahkan lahan seluas 5 hektar ditambah dengan bangunan sejumlah 3 ruangan di Desa Kolok Mudiak Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Karenanya, untuk sementara waktu sambil menunggu pembangunan kampus, Pemko Sawahlunto meminjamkan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) untuk tempat Proses Belajar Mengajar,” ungkap Wako Deri Asta. 
Sementara itu, kondisi pembelajaran saat ini, disampaikan Koordinator PSDKU UNP, Dr Bambang Heriyadi MT bahwa proses belajar mengajar telah berlangsung sejak tiga (3) lalu atau sejak awal September lalu. 
“Kita memiliki mahasiswa 52 orang. Dan dibagi ke dalam dua (2) jurusan yang ada. Teknik Pertambangan dan Teknik Otomotif Alat Berat, yang keduanya dengan jenjang pendidikan D III,” pungkas Bambang Heriyadi.
(Fidel)