Pemko Pariaman Diusulkan Dapat Kalpataru Bidang Lingkungan Hidup
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemko Pariaman Diusulkan Dapat Kalpataru Bidang Lingkungan Hidup

Rabu, 03 November 2021 | 15:00 WIB Last Updated 2021-11-03T08:23:52Z



Diskusi pengembangan Ekowisata di Kota Pariaman
Walikota Pariaman, Genius Umar dalam acara Diskusi pengembangan Ekowisata di Kota Pariaman yang digelar secara virtual. (humas)

Kota Pariaman, Mjnews.id - “Saya melihat gerakan lingkungan hidup yang dilakukan walikota pariaman dengan jajarannya, bisa diusulkan untuk meraih kalpataru dibidang lingkungan hidup kedepannya. Saya akan bantu prosesnya, dan semoga apa yang menjadi keinginan Walikota Pariaman bisa segera terealisasi demi kemajuan kota dan masyarakatnya," sebut Prof. Dr. Ir. Hadi Sukadi Alikodra.

Hal tersebut disampaikan Hadi Sukadi Alikodra, seorang ahli konservasi alam dan pengelolaan margasatwa dari Bogor, sekaligus sebagai guru besar di Institut Pertanian Bogor (IPB), dalam acara diskusi yang digelar secara virtual dengan Walikota Genius Umar tentang pengembangan ekowisata di Kota Pariaman.

Diskusi yang digelar secara virtual tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yota Balad, dan Asisten I Setdako Pariaman Yaminu Rizal, bertempat di Ruang Kerja Walikota Pariaman, Selasa (2/11/2021).

Dalam diskusi tersebut Genius Umar menceritakan tentang pengembangan ekowisata water front city yang berbasis Sustainable Development atau Konsep Pembangunan Berkelanjutan di Kota Pariaman, semenjak beliau masih menjadi wakil walikota pada tahun 2013, sampai beliau menjadi Walikota Pariaman pada tahun 2018 sampai saat ini.

“Dalam beberapa tahun kepemimpinan kami, kami bisa merubah Kota Pariaman, yang dulunya dikenal sebagai kampung nelayan, tapi sekarang Kota Pariaman dikenal sebagai kota pariwisata”, ungkap Genius Umar.

“Walaupun kota pariaman sekarang menjadi kota wisata, tapi fungsi nelayan tetap ada, bahkan fungsi nelayan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata di kota pariaman dengan segala keunikannya”, terang Genius Umar.

Genius Umar berharap dengan apa yang telah beliau lakukan di Kota Pariaman ini bisa menjadi terobosan dan percontohan di Sumatera Barat.

Genius Umar menambahkan, saat ini beliau sedangkan semangat-semangatnya membuat wisata berbasis water front city di sepanjang bantaran Batang Mangor di Kecamatan Pariaman Selatan, dengan membuka akses jalan sepanjang 6 km tanpa dana pemerintah.

Beliau berharap pemerintah pusat bisa membantu untuk membangun jalan ini agar segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, sekaligus bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. 

Mendengar apa yang telah disampaikan oleh Walikota Pariaman dalam diskusi tersebut, membuat Prof. Dr. Ir. Hadi Sukadi Alikodra memberikan apresisasi yang luar biasa kepada Genius Umar atas apa yang telah diperbuatnya untuk kota pariaman dan masyarakatnya.

“Saya sangat suport sekali dengan apa yang telah dilakukan oleh walikota pariaman yang memang genius sekali, untuk mencari celah demi meningkatkan kemajuan daerahnya dan mensejahterakan masyarakatnya”, tutur Hadi Sukadi. 

Hadir juga dalam diskusi tersebut Dra. Izah Dasuki Lulusan Seni ITB, yang saat ini berkecimpung di bidang pengembangan kain tradisional, khususnya kain batik jawa, Suyuti Budiharsono, dan Inov Sectionov Koordinator Program Indonesia untuk IRF.

(tc/sul)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update