Pemko Pariaman Raih 2 Penghargaan pada Penganugerahan Penghargaan Kabupaten Kota Sehat
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemko Pariaman Raih 2 Penghargaan pada Penganugerahan Penghargaan Kabupaten Kota Sehat

Kamis, 25 November 2021 | 22:30 WIB Last Updated 2021-11-25T15:35:23Z



Penganugerahan Penghargaan Kabupaten Kota Sehat
Pemko Pariaman Raih 2 Penghargaan pada Penganugerahan Penghargaan Kabupaten Kota Sehat. (humas)

Kota Pariaman, Mjnews.id - Kota Pariaman raih 2 Penghargaan pada Penganugerahan Penghargaan Kabupaten Kota Sehat tingkat Nasional dan Provinsi, Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan), STBM Award, TPP yang menerapkan Protokol Kesehatan dan Terminal Sehat, yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, bertempat di Auditorium Gubernur Sumbar, Kamis siang (25/11/2021).

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audi Joinaldy, dan diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Yota Balad, dimana 2 penghargaan tersebut yaitu Penghargaan Terminal Sehat, Kategori tipe A dari Kementerian Kesehatan, dan Penghargaan Swastisaba Kategori Wiwerda dari Provinsi Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, Kota Pariaman kembali mendapatkan penghargaan dari Pemerintah pusat, dimana untuk saat ini kita mendapatkan penghargaan Swastisaba Kategori Wiwerda dari Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat," ujar Yota Balad.

Sebelumnya, Kota Pariaman sudah dua kali meraih Penghargaan Swasti Saba Padapa (Kategori Taraf Pemantapan) dari Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Kesehatan RI, yaitu pada tahun 2013 dan tahun 2019 yang lalu.

"Penghargaan Swasti Saba merupakan penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang telah bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, untuk Kabupaten/Kota Sehat. Adapun tingkat penghargaan ini terbagi dalam tingkat Pemantapan (Padapa), Pembinaan (Wiwerda) dan yang tertinggi Pengembangan (Wistara)," terangnya.

Yota Balad juga menjelaskan bahwa ada 4 Tatanan penilaian untuk naik ketingkat Wiwerda. Yakni, tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan kawasan permukiman, tatanan sarana lalu lintas tertib dalam pelayanan transportasi sehat, serta tatanan kawasan pariwisata sehat, ulasnya.

"Penghargaan ini juga diberikan atas partisipasi dari Pemerintah Kota Pariaman, dalam mengikuti verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar," tuturnya lebih lanjut.

Diharapkan dengan diberikannya penghargaan ini, bisa lebih memotivasi lagi untuk menjadikan Kota Pariaman, menjadi Kota yang lebih sehat lagi, dimana tahun ini, penilaian Kota Sehat untuk Kota Pariaman, baru mencapai 65 persen, dan kedepan, kiranya dapat ditingkatkan menjadi 100 persen, ulasnya.

"Penghargaan Swasti Saba merupakan penghargaan yang diberikan setiap 2 (dua) tahun sekali oleh Kemendagri dan Kemenkes, kepada Kota/Kabupaten, yang berhasil menyelenggarakan program tatanan yang ada dalam program Kabupaten Kota Sehat (KKS)," tutupnya.

(j/sul)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update