Perekaman KTP Pemula Capil Padang Panjang Sasar Siswa SLTA
×

Adsense

Adsense Mobile

Perekaman KTP Pemula Capil Padang Panjang Sasar Siswa SLTA

Rabu, 24 November 2021 | 15:30 WIB Last Updated 2021-11-24T09:44:22Z



Perekaman KTP Pemula Capil Sasar Siswa SLTA
Perekaman KTP Pemula Capil Sasar Siswa SLTA.

Padang Panjang, MJNews.id - Menindaklanjuti kebijakan kependudukan tahun 2017 mengenai penyelesaian perekaman KTP elektronik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padangpanjang terus berperan aktif memberikan pelayanan terbaiknya. Salah satunya perekaman KTP elektronik yang langsung dilakukan di Sekolah Lanjutan Atas (SLTA) baik negeri maupun Sekolah swasta.

Program jemput bola untuk perekaman pemula itu dilakukan selain untuk tercapainya tertib administrasi kependudukan, juga untuk mencapai siswa-siswi yang bersekolah dan berdomisili di Kota Padangpanjang dan telah berumur 17 tahun agar melakukan perekaman KTP elektronik demi percepatan perekaman KTP elektronik. Hal tersebut dikatakan Kadis Dukcapil Dra. Maini menjawab MJNews di ruang kerjanya, Rabu(24/11/2021) siang.

Selain untuk mempermudah siswa SLTA yang kesulitan menyesuaikan waktu sekolah dan perekaman, kegiatan itu juga untuk tercapainya target dari kebijakan kependudukan, yaitu seluruh masyarakat yang telah berumur di atas 17 tahun harus melakukan perekaman KTP elektronik sebelum akhir tahun 202i ini.

"Dinas Dukcapil Kota Padangpanjang mendatangi tiap-tiap SLTA sederajat dengan membawa langsung peralatan dan tenaga perekaman KTP elektronik. Kegiatan itu dilaksanakan bergilir di tiap SLTA, baik sekolah negeri maupun swasta," ujar Sang Kadis. 

Setiap sekolah, yang sudah dijadwalkan melakukan perekaman, waktu perekaman bisa memakan waktu satu sampai tiga hari tergantung keadaan sekolah masing-masing.

"Yang jelas, dukcapil selaku OPD mengurus segala administrasi kepandudukan punya tanggung jawab yang tidak akan administrasi kependudukan masyarakat maupun perekamam KTP pemula, seperti anak anal tamatan SLTA," terang Maini. 

Program, perekaman sasar sekolah selolah SLTA, telah kita lakukan beberapa bulan lalu. Program sasar sekolah ini kita lakukan untuk mempercepat terealisasinya perekaman E KTP bagi anak anak yang bakal memasuki umur 17 tahun. Umur 17 tahun, dimana anak-anak sudah wajib miliki KTP. 

Lebih jauh Maini mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Walikota Padang Panjang, Nomor 18 Tahun 2021, pelayanan administrasi keoendudukan dapat dilakukan melalui Aplikasi Paduko. Dalam aplikasi Paduko tersebut, masyarakat sudah dilayani dengan segala kemudahan. 

"Artinya, dengan menggunakan aplikasi Paduko, masyarakat tidak lagi susah payah untuk mengurus admistrasi kependudukanya. Dan layanan ini, terbuka sampai jam kantor. Kumudahan lain, yang ditawarkan Capil, bila yang bersangkutan tidak bisa datang kekantor mengurus administrasi kepedudukanya, petugas kami akan mendatangi rumah orang bersangkutan," terang Maini. 

Untuk memudahkan, segala pengurusan administrasi kependudukan masyarakat sudah melahirkan beberapa Inovasi dalam mmeudahkan masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukanya. 

"Berbagai Inovasi yang telah dilahirkan Dukcapil antara lain, Paduko, Komik, Tanduk, Palapa P2, Jempol, Palang Pintu, Simultan, Laskar Dukcapil, Pelandu, TTE, Mendung Sesaat dan Samawa.Keseluruhan Inovadi tersebut sudah dilaunching. Efek dari Inovasi tersebut untuk kemudahan masyarakat dalam mengurus berbagai tertip administrasi kependudukan masyarakat," pungkas Kadis yang cukup saulah ini mengatakan.

(son)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update