Polda Sumbar Deklarasi Ambo Anti Hoax di Batu Taba Tanah Datar
×

Adsense

Adsense Mobile

Polda Sumbar Deklarasi Ambo Anti Hoax di Batu Taba Tanah Datar

Jumat, 05 November 2021 | 14:30 WIB Last Updated 2021-11-05T10:28:54Z

loading...
Polda Sumbar Deklarasi Ambo Anti Hoax
Polda Sumbar Deklarasi Ambo Anti Hoax di Nagari Batu Taba, Tanah Datar. (ist)

TANAH DATAR, Mjnews.id - Informasi atau berita hoax di media sosial merupakan suatu hal yang bisa memunculkan gangguan kamtibmas. Maka dari itu, sangat penting mencegah penyebaran informasi/berita hoax tersebut bersama-sama.

Seperti yang dilakukan di Kenagarian Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar pada Kamis (4/11/2021).

Tim edukasi cegah berita hoax memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan berita hoax di media sosial agar masyarakat tidak terpengaruh langsung dengan informasi yang belum tentu kebenarannya.

“Kita berharap masyarakat bisa mengetahui suatu informasi atau berita itu benar, bukan hoax. Dan jangan sampai malah langsung membagikan (menyebarkan) berita hoax ke orang lain karena bisa dipidana sesuai dengan Undang-undang ITE,” katanya usai memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Selain itu jelas Kabid Humas Polda Sumbar, dihadapan masyarakat dan para tokoh di Nagari Batu Taba, ia juga mensosialisasikan aplikasi “Lapor Hoax”.

Aplikasi “Lapor Hoax” ini, merupakan sebuah aplikasi dimana masyarakat dapat melaporkan sebuah postingan atau unggahan pada media sosial maupun media online.

“Jadi kalau masyarakat menemukan adanya indikasi berita atau postingan yang terlupakan sering kali hoax atau SARA, dapat melaporkannya ke aplikasi tersebut,” terangnya.

Dari laporan tersebut, admin dari “Lapor Hoax” akan melakukan pengecekan terkait laporan yang diterima untuk kebenarannya.

“Jika itu hoax, nanti disampaikan kepada pelapor. Dan kita berharap juga agar melaporkan berita hoax tersebut untuk dapat mensosialisasikannya bahwa itu tidak benar alias hoax,” ujarnya.

Agar nantinya, masyarakat lainnya juga dapat mengetahuinya sehingga tidak lagi menyebarluaskan berita yang tidak benar.

“Karena bisa terjerat Undang-undang ITE karena menyebarkan berita bohong,” tulisnya.

Usai memberikan sosialisasi, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu bersama masyarakat yang hadir melaksanakan deklarasi “Ambo Anti Hoax”.

Kemudian, Kombes Pol Satake Bayu menyerahkan SKEP (Surat Keputusan) Kapolda Sumbar tentang pilot project sosialisasi Cegah Berita Hoax kepada Wali Nagari Batu Taba.

(***)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update