Senator Nono Sampono Ajak Mahasiswa Sigap dan Tanggap dalam Mitigasi Bencana
×

Adsense

Adsense Mobile

Senator Nono Sampono Ajak Mahasiswa Sigap dan Tanggap dalam Mitigasi Bencana

Rabu, 17 November 2021 | 08:30 WIB Last Updated 2021-11-17T07:56:31Z



Nono Sampono saat seminar nasional kebencanaan
Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono (kanan) saat seminar nasional kebencanaan yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa Search and Rescue (UKM SAR) Universitas Malikussaleh (Unimal).

Lhokseumawe, Mjnews.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Letnan Jenderal Marinir (Purn) Dr. Nono Sampono, M.Si mengisi seminar nasional kebencanaan yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa Search and Rescue (UKM SAR) Universitas Malikussaleh (Unimal).

Dalam kesempatan tersebut Nono Sampono menyampaikan, mahasiswa harus mencari tahu sebanyak mungkin tentang bencana/ mengetahui bencana dilingkungan sekitarnya, serta mahasiswa harus tahu tentang isu yang beredar terutama isu lingkungan yang menyebabkan bencana.

“Mahasiswa harus memiliki jiwa empati yang tinggi baik terhadap lingkungan, dan korban yang sudah tertimpa bencana, karena mahasiswa merupakan tonggak bangsa ini dan cerminan seperti apa negara tersebut terhadap bencana,” ungkapnya, Selasa 16 November 2021.

Nono menambahkan, penting untuk universitas sebagai tempat belajar mahasiswa untuk memberikan edukasi tentang potensi bencana di lingkungan sekitar, bentuk antisipasi, dampak yang ditimbulkan, serta cara penanggulangannya.

“Mahasiswa dan seluruh masyarakat harus mempunyai kesadaran yang tinggi terhadap alam lingkungan, karena manusia dan  alam hidup saling berdampingan,” pungkas Mantan Kabasarnas ini.

Seminar tersebut merupakan bagian dari kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) Forum Komunikasi SAR Perguruan Tinggi Indonesia dan Event SAR Nasional Tahun 2021. Seminar digelar di GOR ACC Cunda Kampus Unimal, 16 hingga 18 November 2021.

Munas dibuka oleh Rektor Unimal, Prof Herman Fithra, ASEAN Eng yang kemudian dilanjutkan dengan acara Seminar Nasional bertema Potensi Bencana Aceh dalam 10 Tahun ke Depan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para tamu undangan dari berbagai kalangan mulai dari anggota DPD RI yang ikut beserta rombongan diantaranya Muhammad Nuh (Anggota DPD RI Provinsi Sumut), H. Fachrurazi, M.IP dan M. Fadhil Rahmi, Lc (Anggota DPD RI Provinsi Aceh), H Ruslan M Daud, SE (Anggota DPR RI) Fraksi PKB dan Nasir Buloh dari WALHI Aceh juga Kepala Basarnas Provinsi Aceh, SAR Aceh Utara dan Kota Lhoksemawe serta Forkopimda Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Seminar juga diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai universitas, para siswa dari sekolah-sekolah yang ada di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, masyarakat umum dan civitas akademika Unimal.

Ketua Umum UKM SAR Unimal Febri Robiatun Adwiyah berharap kegiatan tersebut melahirkan berbagai masukan bagi para pemangku kepentingan dalam penanganan bencana di Aceh dan nasional.

(rls/dpd)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update