SMAN 1 Tilkam Agam Dapat Bantuan CSR dari PT PELINDO
×

Adsense

Adsense Mobile

SMAN 1 Tilkam Agam Dapat Bantuan CSR dari PT PELINDO

Selasa, 23 November 2021 | 21:00 WIB Last Updated 2021-11-24T04:07:22Z


Willia Zuwerni
Kepala SMAN 1 Tilatang Kamang, Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si.

Agam, Mjnews.id - Pesatnya kemajuan SMA Negeri 1 Tilatang Kamang, Agam, Sumatera Barat tidak terlepas dari dukungan para alumni SMA 1 tersebut yang dinamakan IKASIMANTIKA (Ikatan Alumni SMAN 1 Tilatang Kamang). peranan alumni untuk SMA N 1 besar, bantuan yang diberikan tidak saja berupa bangunan fisik tetapi juga non fisik.

Berkat bantuan dan gagasan dari alumni IKASIMANTIKA sekarang, SMAN 1 yang berada di pinggir jalan sudah memiliki bangunan, tempat ibadah representatif  bernama Surau Darul Ulum.

Surau ini dibangun di areal sekolah menelan biaya sekitar hampir sekitar Rp 3 miliar dapat menampung sekitar 600 jemaah. Pemakaiannya langsung diresmikan  oleh Gubernur SumBar, Mahyeldi setahun lalu.

Masih ada yang lain bantuan dari alumni untuk sekolah SMA N 1 berupa bus sekolah, konon kabarnya mobil ini dibeli seharga Rp 300 juta, penggunaannya untuk membantu kegiatan sekolah, dalam menunjang kemajuan sekolah SMA N 1.

Tidak puas sampai disitu saja terus berupaya dan berinovasi untuk mencari bantuan lainya, baru-baru ini SMA N 1 Tilatang Kamang mendapat bantuan CSR dari PT Pelindo sebesar Rp. 100 Juta. Bantuan ini tidak terlepas peran serta dari para alumni. Hal ini dibenarkan oleh Kepala SMA N 1, Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si.

Iya benar sejak diresmikan surau Darrul ulum yang  oleh gubenur Sumatra Barat pada tanggal 20 Desember 2020, kami manfaatkan sebagai sarana Pendidikan karakter di sekolah, banyak hal yang sudah kami lakukan di surau yang diantaranya ibadah-ibadah wajib, yaitu sholat zuhur berjamah, shalat asar berjamaah dan kegiatan lain yang mendukung.

Jadi alhamdulillah dengan adanya surau Darrul Ulunm ini semakin meningkatkan karakter dari peserta didik kita yang ada di sekolah kita ini. Dan alhamdulillah pembangunan surau sekarang mendaptkan bantuan  CSR dari PT, Perlindo melalui alumni dengan dana aspirasi dari ibuk Nevi Zuairina anggota DPR RI, dan sudah di serahkan secara simbolis pada Minggu 21 November 2021.

Saya juga menyampaikan Ketika memberikan kata sambutan selaku kepala sekolah kita berdoa PT.Perlindo ini sukses  terus sehingga CSR ini tidak hanya tahap pertama saja tetapi kita juga berharap ada tahap-tahap selanjutnya dalam pemberian bantuan ini.

Untuk saat ini kita sangat membutuhkan kanopi supaya air tidak tergenang di teras dan kita juga membutuhkan untuk mempercantik surau dengan ornament atau mozaiknya, serta kita juga membutuhkan tempat berwudu, karena tempat berwudu kita selama ini masih di tempat mushala yang lama sehingga dana ini juga kami manfaatkan untuk membangun tempat berwudu di surau Darul Ulum ini," ujar Wil.

Bantuan CSR PT. Pelindo melalui gagasan alumni karena memang salah satu alumni SMAN 1 Tilatang Kamang menjabat sebagai Direksi Angkasa Pura mempunyai hubungan baik dengan Pelindo, maka dengan alumni bersama dengan ini Nevi Zuairina menjalin hubungan dengan Pelindo sehingga terwujudlah CSR dari PT. Pelindo ini. 

Untuk dana, Kita sangat transparan karena dana yang masuk baik dari alumni maupun donatur lain baik CSR dari BUMN dan lain sebagainya tetap rekening pengirimannya tetap satu pintu yaitu rekening IKASIMANTIKA (Ikatan Alumini SMAN 1 Tilatang Kamang) dan uang keluarnya pun juga melalui satu pintu itu juga di rekening IKASIMANTIKA.

Jika kita nominlkan pembangunan surau kita ini sudah mencapai lebih kurang Rp 2,6 miliar, dan ini belum termasuk dana dari bantuan PT. Pelindo.

Surau ini dimanfaatkan untuk membangun karakter siswa contohnya di Minangkabau ini kita mengenal baliak kasurau yang segala sesuatu yang dilakukan balik ke surau mulai dari musyawarah mufakat pun bisa dilakukan di surau jadi sekarang ini kita galakkan terus dari ketua MUI kita yakni buya Gusrial Gazahar bagaimana kita baliak ka surau.

Artinya surau  tidak hanya tempat untuk sholat tetapi juga tempat-tempat lain yang bermakna positif seperti lomba keagamaan (lomba tahfiz, MSQ, MTQ) kegiatan hari besar islam, rapat dengan wali murid, dan juga jika ada kunjungan kesekolah kita, kita akan membawa ke surau karena kita yakin dan percaya surau adalah tempat terbaik dimuka bumi ini jadi kita akan membawa ke surau.

Siswa kita juga ikut  kegiatan tafillah mulai dari seleksi tingkat nagari itu banyak dari siswa kita, contohnya tahun kemarin ada siswa kita yang menang di bidang MSQ 

Kami yakin dan percaya sekolah tidak akan besar tanpa bantuan dari alumninya juga. Kami melihat para Alumni IKASIMANTIKA ini sangat luar biasa mereka selalu mendukung program sekolah, artinya bukan alumni yang punya program tetapi program sekolah yang didukung oleh alumninya.

Alumni IKASIMANTIKA tidak hanya mendukung program fisik seperti sarana prasarana saja tetapi juga mendukung kegiatan nonfisik seperti memberi bantuan beasiswa utuh kepada adik-adiknya untuk tahun ini, terdapat 106 orang adik-adiknya yang dibantu dengan jumlah nominal. Masing-masing dari mereka mendapatkan bantuan sebanyak Rp. 50/bulan, jadi setiap bulan alumni membantu adik-adiknya sekitar Rp. 5.600.000/bulan.

Kemudian yang baru diresmikan oleh pak Wagub 30 Oktober 2021 lalu bersama Bupati Agam itu program bimbingan belajar intensif yang diikuti oleh siswa kelas XII untuk memasuki sekolah lanjutan perguruan tinggi, alumni membiayai sebanyak lebih kurang Rp 15 juta per bulan, dengan guru didatangkan dari guru bimbel di luar, bukan dari guru kita. Kegiatan ini berlangsung 3 kali seminggu hari Kamis, Jumat, Sabtu.

Alumni IKASIMANTIKA berjumlah 8.000 orang dengan 34 angkatan, dan alumni ini juga tersebar di seluruh nusantara bahkan keluar negeri.

(Ril)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update