Sulaman dan Rinuak Jadi Andalan Pemkab Agam di Padang Panjang Expo
×

Adsense

Adsense Mobile

Sulaman dan Rinuak Jadi Andalan Pemkab Agam di Padang Panjang Expo

Rabu, 17 November 2021 | 07:00 WIB Last Updated 2021-11-17T00:00:00Z



Stand Kabupaten Agam di Padang Panjang Expo
Stand Kabupaten Agam di Padang Panjang Expo. (kominfo)

Padang Panjang, Mjnews.id - Padang Panjang Expo turut menjadi bagian rangkaian acara pada MTQ nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Lapangan Bancah Laweh, Padang Panjang. Semua kabupaten/kota yang ada di Sumbar, menjadi peserta dan memamerkan produk unggulannya masing-masing.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, menjadikan sulaman khas Agam dan olahan makanan yang berbahan baku Rinuak, sebagai produk unggulan pada gelaran Padang Panjang Expo ini. Di stand Agam, dipamerkan beberapa selendang sulaman khas Agam, seperti Sulaman Kapalo Samek dan Sulaman Suji Caia. 

Untuk Sulaman Kapalo Samek ini, dikombinasikan dengan Renda Bangku. Bukan hanya selendang, di sini juga terdapat berbagai jenis pakaian tradisional yang dihiasi dengan berbagai macam sulaman. 

"Sulaman ini dibuat handmade oleh para pengrajin dari Agam. Selain sulaman, Agam juga memamerkan Kain Kerancang sama Terawang yang diproduksi dengan mesin hitam, dan dijahit dengan tangan terampil para pengrajin," tutur Eliza, pemilik usaha sulaman.

Dijelaskannya, kualitas sulaman, lama pengerjaan dan cara pengolahan, mempengaruhi harga dari kerajinan ini.

Selanjutnya, juga ada olahan Rinuak yang menjadi produk unggulan stand Agam. Rinuak merupakan sejenis ikan berukuran sangat kecil, berwarna putih kekuningan, yang menjadi endemik dan hanya bisa hidup di Danau Maninjau. Ikan ini diolah menjadi berbagai macam cemilan. Untuk cemilan olahan Rinuak, dijual dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 40.000.

Pihak Agam berharap, melalui Padang Panjang Expo, produk khas mereka dapat dikenal lagi oleh masyarakat Sumatera Barat.

(TIM MAGANG - KOMINFO)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update