Tahun Depan Biro PBJ Sumbar Tayangkan 4 Ribu Paket Melalui e-Katalog
×

Adsense

Adsense Mobile

Tahun Depan Biro PBJ Sumbar Tayangkan 4 Ribu Paket Melalui e-Katalog

Jumat, 19 November 2021 | 14:30 WIB Last Updated 2021-11-19T10:53:02Z

loading...
Doni Rahmat Samulo
Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo.

Padang, Mjnews.id - Sedikitnya, kurang dari Rp 7 triliun belanja barang dan jasa, serta untuk bayar gaji pegawai yang mempergunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) pada tahun 2022 nanti. 

Dan sekitar Rp 1 triliunan belanja barang dan jasa untuk 4 ribu paket yang akan ditayangkan pada e-Katalog Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sumbar di tahun depan.

Namun, bangunan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar 4 lantai yang telah bertahun-tahun terbengkalai masih jadi tanda tanya untuk dianggarkan di tahun depan.

Kalau diamati, sesuai percakapan Mjnews.id dengan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo, pada Kamis 18 November 2021, ketika dikonfirmasikan padanya, Doni Rahmat Samulo, belum mengetahuinya. 

"Entah masuk bangunan terbengkalai BPBD Sumbar yang satu lokasi dengan kantor Gubernur Sumbar, dalam penganggaran atau tidak," lanjutnya. 

"Karena kami sedang mengevaluasi dari 4 ribu paket yang akan tayang di e-Katalog, nanti," sebutnya. 

Doni menyarankan awak dari media ini untuk mengkonfirmasikannya pada Bappeda Sumbar. "Atau pada Dinas PU Sumbar, BPBD Sumbar sendiri," ujarnya mengingatkan atau juga pada Gubernur langsung.

Khusus terkait dengan rencana kegiatan progres Biro PBJ Pemprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo, memaparkan untuk proram tayang pada e-Katalog di tahun mendatang. 

Menurut Doni Rahmat Samulo, sejak Juni 2021, Biro PBJ Sumbar, telah memiliki 2 Tusi PBJ dan Tusi Pengelolaan Aset. 

Sejak itu Biro PBJ ini sudah menetapkan sebagai pusat sumber informasi yang akurat serta telah dapat melakukan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) stafnya. Sebelumnya, stafnya hanya 7 orang saja, sedangkan sejak Juni 2021 itu, Biro PBJ telah menambahkan sebanyak 23 kekuatan tenaga staf sampai sekarang (pada pertengahan Bulan Nopember 2021). 

Sebelum Juni itu, Biro PBJ untuk belanja barang dan jasa dari penyedia masih berlaku ditenderkan.

Saat itu juga, sebelum Juni 2021, Unit Kelembagaan Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) progresnya masih lebih pada penataan SDM para staf. 

Kata Doni Rahmat Samulo, sekarang dari Juni tahun ini pula PBJ mencoba menyentuh semua kalangan. PBJ untuk leading sektor Wilayah Propinsi Sumbar menjadi pusat PBJ untuk seluruh OPD Pemprop Sumbar yang mencakup pada dinas, kantor, badan dan BLUD Pemprov. Sumbar, seperti 6 RSUD milik Pemprov. Sumbar. 

Sedangkan saat ini (pertengahan November 2021) ini pula, di PBJ Sumbar sudah ada produk yang ditayangkan di dalam aplikasi e-Katalog Biro PBJ Sumbar dan sudah bisa berbelanja produk pada e-Katalog ini.

"Minggu depan (lewat dari pertengahan November ini) leading sektor dari Pemkab Sijunjung sudah ada yang mau berbelanja, dan minta izin ke kami untuk berbelanja," ungkap Doni, sapaannya. 

Lanjutnya, sekarang Biro PBJ sedang melakukan proses penjaringan produk untuk tayang pada e-Katalog belanja barang dan jasa untuk kegiatan kelembagaan pemerintah dinas, kantor, dan badan pada progres tahun 2022 nanti.

"Kini sudah ada penyedia catering untuk kebutuhan panti asuhan, cleaning service, dan penyedia pengadaan tenaga pengamanan atau Satpam," imbuhnya, lagi. 

Bukan hanya itu saja, sambung Doni Rahmat Samulo, bidang hasil usaha produksi seperti beton kontruksi dari Jaya Sentrikon (JS) dan Kunango Jantan (KJ) untuk kebutuhan dinas pekerjaan umum atau ke-PU-an, juga untuk belanja barang dan jasa cukup melalui e-Katalog, dan tidak ditenderkan lagi di tahun 2022 nanti," ulasnya. 

Untuk penayangan produk pada e-Katalog di Biro PBJ Sumbar telah mendapat izin atau 'lampu' hijau dari Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pusat.

Namun, masih ada piranti antara Biro PBJ Sumbar dengan Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pusat, seperti pelaporan dari sektor lain dari Pemprov Sumbar.

Terkait ini, kata Doni, dari Biro PBJ Sumbar terkoneksi langsung dari e-Katalog Biro PBJ Sumbar melalui Sambungan Sistem Pelayanan Elektronik (SSPE) Biro PBJ Sumbar dengan Pengadaan Barang dan Jasa, Pusat.

(Obral Caniago)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update