Wako Sawahlunto, Satu-Satunya Wali Kota Penerima Anugerah Dwija Praja Nugraha dari PGRI

Anugerah Dwija Praja Nugraha dari PGRI
Wako Sawahlunto, Deri Asta, SH menjadi satu-satunya Wali Kota di Indonesia yang pada tahun 2021 ini peroleh Anugerah Dwija Praja Nugraha pada acara puncak peringatan HUT ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional Tahun 2021, di Jakarta pada Sabtu (27/11/2021). 

SAWAHLUNTO, Mjnews.id – Wali Kota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta, SH menjadi satu-satunya Wali Kota di Indonesia yang pada tahun 2021 ini, memperoleh Anugerah Dwija Praja Nugraha pada acara puncak peringatan HUT ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional Tahun 2021, di Jakarta pada Sabtu (27/11/2021). 
Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Prof Dr Unifah Rosyidi  mengatakan bahwa Anugerah Dwija Praja Nugraha ini merupakan penghargaan dari para guru kepada kepala daerah yang memiliki perhatian dan komitmen tinggi terhadap pembangunan pendidikan, profesionalitas dan kesejahteraan guru serta PGRI. 
“Anugerah ini diberikan, berdasarkan hasil dari penilaian dan verifikasi yang dilakukan oleh Pengurus Besar PGRI dan juga berdasarkan usulan dari Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, PGRI Provinsi Sumatera Barat dan PGRI Kota Sawahlunto,” ungkap Prof Dr Unifah Rosyidi dalam uraiannya. 
Dan pihak PGRI juga setelah melihat perhatian dan dukungan yang cukup besar dari Wako Deri Asta dan Pemko Sawahlunto untuk ranah pendidikan, termasuk perhatiannya terhadap para guru. 
Penghargaan Anugerah Dwija Praja Nugraha Tahun 2021ini,  diberikan PGRI kepada tujuh kepala daerah tingkat Kota-Kabupaten dan Provinsi di Indonesia. Sementara itu, Deri Asta SH merupakan satu-satunya Walikota di Indonesia yang menerima anugrah dari Pengurus Besar PGRI. 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril menyampaikan bahwa, sejumlah program prioritas dan unggulan pada bidang pendidikan dari Kota Sawahlunto adalah, pemberian seragam gratis bagi pelajar SD sampai SMP. Dan pemberian reward (penghargaan) kepada anak Sawahlunto yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta mahasiswa dari Sawahlunto yang memperoleh IPK sesuai ketentuan. 
“Kalau perhatian dan dukungan kepada guru, ada alokasi anggaran untuk peningkatan kualitas guru melalui berbagai pelatihan dan kegiatan yang terkait lainnya. Termasuk kalau ada kendala atau hal-hal yang terjadi pada guru, Wali Kota langsung menanggapi dan memberikan dukungan melalui bentuk kebijakan maupun anggaran,” urai Asril disela kegiatannya. 
Hal senada, juga disebutkan oleh Ketua PGRI Kota Sawahlunto Darmayeri bahwa Wali Kota Sawahlunto Deri Asta sangat berkomitmen dalam memfasilitasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh PGRI. 
Sementara itu, Wako Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terimakasihnya kepada PGRI atas penghargaan yang telah  diberikan kepada Sawahlunto. 
“Hal ini merupakan penghargaan dari para guru dan kami persembahkan pula kepada para guru, khususnya para guru di Kota Sawahlunto. Penghargaan ini, akan menjadi motivasi bagi kita semua untuk lebih baik lagi dalam mendukung dan membantu berbagai program para guru dalam memberikan pendidikan berkualitas kepada para siswa atau pelajar Sawahlunto,” ujar Wako Deri Asta menambahkan. 
Perhatian dan dukungan kepada dunia pendidikan, sudah dilaksanakan sejak awal masa pemerintahannya. Karena, salah satu dari misi Pemko Sawahlunto tentang pendidikan adalah, mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, kreatif dan berdaya saing. Hal ini dilakukan Pemko melalui pemberian beasiswa/reward atau kartu Sawahlunto pintar.
(Fidel)