Warga Nagari IV Koto Hilia yang Ikut Vaksinasi Dapat Paket Sembako
×

Adsense

Adsense Mobile

Warga Nagari IV Koto Hilia yang Ikut Vaksinasi Dapat Paket Sembako

Rabu, 24 November 2021 | 06:00 WIB Last Updated 2021-11-24T09:29:08Z

loading...
Warga Nagari IV Koto Hilia yang Ikut Vaksin Dapat Paket Sembako
Warga Nagari IV Koto Hilia yang Ikut Vaksin Dapat Paket Sembako. (humas)

Pesisir Selatan, Mjnews.id - Sebanyak dua ribu paket sembako dibagikan oleh Pemerintah Nagari IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan. Ribuan paket sembako yang diberikan melalui sumber anggaran dana desa tersebut merupakan salah satu bentuk stimulan kepada masyarakat agar menarik minat masyarakat untuk divaksin.

Wali Nagari IV Koto Hilia, Satria Darma Putra menyebutkan dua ribu paket sembako yang terdiri dari telur dan mie instan tersebut dibagikan kepada masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi.

"Jadi ini adalah bentuk stimulan kita dari nagari untuk menyediakan paket sembako kepada masyarakat yang mengikuti vaksinasi pada layanan yang kami buka di kantor wali nagari," jelas Satria, Selasa (23/11/2021).

Tiap paket sembako yang bersumber dari dana desa tersebut maksimal Rp 10 ribu. Sumber anggaran itu digunakan dalam anggaran delapan persen yang diisntruksikan melalui Peraturan Menteri Desa terkait penanggulangan Pandemi Covid-19.

Kata Satria, jumlah wajib vaksin khususnya Nagari IV Koto Hilia sebanyak lima ribu orang lebih. Namun, hingga kini capaiannya hampir mendekati lima puluh persen.

Untuk itu, pihaknya terus mengajak masyarakat agar datang ke lokasi sentra vaksinasi. Hal ini sekaligus untuk meningkatkan capaian vaksinasi daerah hingga 70 persen sampai akhir tahun nanti.

Untuk memudahkan masyarakat dan memberikan pelayanan terdekat terkait vaksinasi, Pemerintah Nagari IV Koto Hilia secara berkelanjutan dan jadwal yang diatur akan membuka layanan vaksinasi di kantor nagari setempat.

"Itu rencananya bakal kita gelar sesuai jadwal rutin di halaman kantor nagari saja. Ini kita lakukan agar jarak masyarakat ke lokasi sentra vaksinasi tidak terlalu jauh antara kampung yang satu dengan kampung yang lain karena kantor kita berada di tengah-tengah," ujarnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Pasar Kuok Batang Kapas, Desmon Eka Putra mengatakan pihaknya memiliki dua tim vaksinator yang bakal selalu standby melayani masyarakat.

Setiap hari, layanan vaksinasi dilakukan secara mobile hingga ke nagari-nagari. Upaya tersebut terus dioptimalkan karena secara persentase capaian vaksinasi di Kecamatan Batang Kapas 37,7 persen atau 7.293 dari total target 19.342 orang.

"Kalau vaksin dosis I, capaian kita masih 37,7 perse. Dosis kedua, 13,6 persen atau 2.638 dan dosis ketiga sebanyak 19 orang," tuturnya.

(myd)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update