Bisnis Kambing Boer Mulai Dilirik Peternak di Purworejo Jateng
×

Adsense

Adsense Mobile

Bisnis Kambing Boer Mulai Dilirik Peternak di Purworejo Jateng

Jumat, 10 Desember 2021 | 13:30 WIB Last Updated 2021-12-10T07:38:41Z



Nur Alamsyah
Nur Alamsyah, 45 tahun, salah seorang peternak yang ikut mengembangkan populasi kambing jenis Boer di Purworejo, Jawa Tengah. (mochamad taufik)

Purworejo, MJNews.id - Kambing Boer atau jenis kambing ras pedaging yang berasal dari Afrika Selatan dan sudah teregistrasi selama 65 tahun. Jenis ini merupakan jenis kambing pedaging yang sesungguhnya karena pertumbuhanya yang sangat cepat.

Jenis kambing boer dalam kurun waktu 5 sampai 6 bulan sudah bisa mencapai bobot 35 sampai dengan 45 kg. Hal ini yang membuat para peternak di Purworejo mulai melirik bisnis peternakan kambing boer.

Nur Alamsyah, 45 tahun, salah seorang peternak yang ikut mengembangkan populasi kambing jenis Boer di tengah kesibukannya bertugas sebagai anggota Polisi berpangkat Aiptu, menyisihkan waktunya beternak kambing jenis Boer. Kandang dibangun di belakang rumahnya diisi 33 ekor kambing.

Pada Jumat 10 Desember 2021, saat awak media mendatangi kediamannya untuk melihat usaha ternak, beliau menyambut dengan gembira.

Imuh, panggilan akrabnya menerangkan bahwa dirinya tertarik dengan ternak kambing jenis boer karena cepat besar dan juga banyak digemari konsumen karena dagingnya yang padat dan enak.

Dari segi pemiliharaannya tergolong sangat mudah karena jenis kambing ini makannya tidak terlalu pilih-pilih, semua jenis rumput mau.

"Sekarang saya masih taraf mengembangkan kambing jenis ini. Saat ini ada indukan 15 ekor dan pejantannya 4 ekor dan sudah ada anaknya 14 ekor," katanya.

Dalam pemeliharaannya, kami memakai pakan yang difermentasi sehingga tidak perlu setiap hari mencari rumput.

"Rumput hanya sekedar untuk hijauan penambah serat," jelasnya.

Untuk menghasilkan daging yang maksimal, Nur alamsyah menyilangkan kambing jenis boer dengan jenis jawa randu.

(fix)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update