Dirjen Dukcapil Sederhanakan Pelayanan Pengurusan Administrasi Kependudukan
×

Adsense

Adsense Mobile

Dirjen Dukcapil Sederhanakan Pelayanan Pengurusan Administrasi Kependudukan

Kamis, 02 Desember 2021 | 15:49 WIB Last Updated 2021-12-02T08:50:22Z



Pengurusan Administrasi Kependudukan
Pengurusan Administrasi Kependudukan.

PADANG PANJANG, MJNews.id - Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Direktorat Jenderal Kependudukan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan penyederhanaan persyaratan dan tata cara pencatatan sipil dalam mengurus administrasi kependudukan masyarakat.

Jika dahulu, banyak persyaratan yang harus dilengkapi masyarakat. Jika, berkeinginan mengurus administrasi kependudukannya. Dengan, terbitnya Permendagri No. 108 Tahun 2019, tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden No 96 tahun 2018 Tentang penyederhanaan Persyaratan dan tata cara pencatatan sipil dalam rangka memingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Kabid Pelayanan Adminduk, Laswarni di ruangan kerjanya, Kamis (2/12/2021) pagi.

"Dengan, keluarnya Permendagri No. 108 Tahun 2019, kebijakan baru tersebut, dipermudah dan disederhanakan pengurusan administrasi kependudukan masyarakat, sehingga pelayanan tidak lagi memakan waktu lama. Hanya, dalam waktu tidak lebih dari setengah jam pelayanan telah siap dan dokumen yang diurus masyarakat sudah dapat diambil," terang Laswarni.

Permendagri yang baru tersebut, mengajak para pelayanan administrasi kependudukan dicapil untuk bekerja melayani masyarakat dengan cepat, terukur. Sesuai, dengan standar pelayanan telah ditetapkan. Artinya, dengan diterbitkannya Permendagri tersebut, sangat membantu sekali masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukanya.

Image yang terjadi selama ini, masyarakat terburu-buru mengurus admimistrasi kependudukannya bila ada keperluan mendadak. Jika tidak, masyarakat cenderung abai akan kelengkapan administrasi kependudukannya. 

"Mumpung ada kemudahan yang ditawarkan Kemendagri dan Capil. Untuk itu, pihak capil menghimbau kepada masyarakat untuk segera melengkapi administrasi kependudukannya. Seperti, KTP, KK Akte Kelahiran dan surat berharga lainnya," terang Laswarni.

Sementara, Kadis Dukcapil Maini mengatakan, untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang, telah menyediakan proses pengurusan dokumen administrasi kependudukan secara Online.

"Inovasi ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Adminduk secara online, dapat mengurangi beban warga, tetap di rumah dan hanya dengan mengirimkan dokumen administrasi melalui via WhatsApp (WA) masyarakat tidak perlu repot datang kecapil. Cukup menggunakan Aplikasi Paduko," terang Maini.

Sejatinya, masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan, cukup mengirim dokumen persyaratan dengan lengkap melalui WA. Kirim ke nomor operator yang sudah disiapkan. Inovasi, selang beberapa menit, administrasi kependudukan masyarakat sudah selesai diproses.

Dalam kurun waktu, dua tahun ke belakang, Dukcapil Padang Panjang telah  melaunching Sembilan Inovasi, guna mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan. 

Sembilan Inovasi, yang telah dilahirkan Dukcapil antara lain, Paduko, Komik, Tanduk, Palapa P2, Jempol, Palang Pintu, Simultan, Laskar Dukcapil, Pelanduk dan TTE. Kesemua Inovasi tersebut, lahir dari pemikiran dan ide brilian dari Team Capil Padang Panjang, guna merangsang masyarakat mengurus dan melengkapi Administrasi Kependudukan masyarakat.

"Untuk pelayanan, jika jaringan lancar maka penyelesaian dokumen memakan waktu tidak lenih dari 30 menit. Bila, data data yang diajukan lengkap secara administrasi. Bila, sudah selesai, pihak Dukcapi akan informasikan ke warga juga melalui WA jika dokumennya telah selesai,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kabid Piak dan Pemanfaatkan Data, Yossita, menambahkan, dalam sehari Disdukcapil Padang Panjang, biasanya melayani hingga 50 lebih permintaan pengurusan dokumen melalui WhatsApp. Belum lagi, masyarakat yang langsung mengurus ke kantor capil.

"Program teranyar, dilakukan Capil dalam empat bulan belakangan adalah pengambilan data biometrik atau perekaman KTP pemula yang menyasar sekolah sekolah lanjutan atas( SLA/ SMK) sederajat. Program ini, dilakukan guna pencapaian target perekaman dan kepemilikan KTP bagi kalangan pelajar," tukuk Yossita.

(Son)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update