Diskominfo Pasaman Barat Gelar Sosialisasi Website Nagari
×

Adsense

Adsense Mobile

Diskominfo Pasaman Barat Gelar Sosialisasi Website Nagari

Sabtu, 11 Desember 2021 | 16:00 WIB Last Updated 2021-12-11T10:33:20Z


loading...

Diskominfo Pasaman Barat Gelar Sosialisasi Website Nagari
Diskominfo Pasaman Barat Gelar Sosialisasi Website Nagari.

Pasaman Barat, Mjnews.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menggelar sosialisasi website nagari, Jumat (10/12/2021) di Auditorium kantor bupati.

Sosialisasi ini merupakan bukti keseriusan pemerintah daerah, memfasilitasi nagari dalam mengembangkan layanan dan informasi berbasis website.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dan didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Edy Murdani, Kabid Layanan E-Govermant dan Aptika Sunarto, serta dihadiri oleh wali nagari se Kabupaten Pasaman Barat, wali nagari persiapan se Kabupaten Pasaman Barat, perangkat nagari dan stakeholder terkait lainnya.

Bupati Hamsuardi dalam sambutannya mengatakan, perkembangan teknologi komunikasi dan informasi terutama internet saat ini membawa kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang kehidupan. Adanya website, akan membantu memberikan informasi terkini secara lengkap.

"Website ini akan membantu semua pihak dari individu, organisasi, pemerintah bahkan swasta untuk dapat menghadirkan informasi terkini melalui media digital", ujar Hamsuardi.

Pemerintah lanjutnya, melalui Diskominfo akan membantu nagari dalam pembuatan website nagari secara gratis. Melalui website, pemerintah nagari dapat memberikan dan meningkatkan pelayanannya. Selain itu, pemerintah nagari juga bisa membuka layanan berbasis online yang akan mempermudah masyarakat.

"Bukan hanya itu saja, selain meningkatkan pelayanan website juga akan mempermudah pemerintah kabupaten maupun pemerintah pusat melihat kelebihan dan kekurangan situasi dan kondisi suatu nagari", ucap Hamsuardi.

Website akan menjadi sumber yang lengkap dalam menghadirkan informasi. Adanya potensi yang dimiliki nagari, kearifan lokal, kekayaan budaya, kuliner, dan berita kejadian yang terjadi di nagari. Website akan membantu semua pihak dalam mendapatkan informasi dan data dari nagari itu sendiri.

Hal serupa disampaikan Kepala Dinas Kominfo Edy Murdani, ia menjelaskan website nagari memiliki peran yang sangat penting terutama dimasa pandemi covid-19 ini. 

"Pemerintah pusat bisa melihat informasi yang tersaji, anggaran, pemberian bantuan, dana desa dan sebagainya dapat mereka pertimbangkan dengan melihat website nagari terutama dimasa pandemi ini", sebut Edy Murdani.

Website nagari akan terintegrasi dengan website Pemda Pasbar. Nantinya, ketika ada yang membuka website Pasbar, maka akan dilengkapi dengan data seluruh nagari yang ada di Kabupaten Pasaman Barat. Oleh karena itu, perangkat nagari harus melengkapi data dan informasi kedalam website.

Di samping itu, Kabid E-Gov dan Aptika Kominfo Sunarto menjelaskan, pada zaman milenial seperti sekarang ini semua dituntut untuk dapat memahami perkembangan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik. 

Pada kegiatan sosialisasi website nagari yang dilaksanakan, peserta sosialisasi terdiri dari 19 wali nagari induk dan 72 wali nagari persiapan.

(wyu)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update