Harga Minyak Goreng Melambung, Disperindag Sumbar Gelar Bazar di 7 Titik
×

Adsense

Adsense Mobile

Harga Minyak Goreng Melambung, Disperindag Sumbar Gelar Bazar di 7 Titik

Jumat, 10 Desember 2021 | 13:00 WIB Last Updated 2021-12-10T07:39:13Z


loading...

Asben Hendri
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Provinsi Sumbar, Asben Hendri. (obral chaniago)

Padang, Mjnews.id - Menjelang Natal 2021 dan Tahun baru 2022 mendatang, telah merebak kenaikan harga bahan pokok secara signifikan. Salah satunya minyak goreng curah bikin resah. 

Fenomena ini tidak saja berlangsung secara nasional tetapi konsumen di Sumatera Barat (Sumbar) juga merasakan kenaikan harga minyak goreng curah kemasan sederhana jadi membubung.

Terkait melambungnya harga minyak goreng, awak media menjumpai Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Perindag) Provinsi Sumbar, Asben Hendri di kantornya pada Jumat 10 Desember 2021.

Terkait kenaikan harga bahan pokok, khususnya minyak goreng kemasan sederhana telah menembus angka Rp 18 ribu per kilogram di Sumbar dari beberapa waktu lalu. Dan, sebelumnya harga komoditi minyak goreng ini hanya Rp 11.500 per kilogram. Artinya, di Sumbar harga minyak goreng ini telah menembus tambahan harga dari sebelumnya sekira Rp 6.500 per kilogram. 

Ketika hal ini dikonfirmasikan, Asben Hendri membenarkan bahwa telah terjadi kenaikan khusus komoditi minyak goreng kemasan sederhana ini. 

Menurut Asben Hendri, walau pun harga minyak gereng ini naik yang cukup mendera konsumen, namun stok minyak goreng buat kebutuhan masyarakat cukup terpenuhi oleh pedagang dan pengecer. 

"Sementara ini belum ada keluhan masyarakat soal stok minyak goreng," ungkapnya. 

Asben Hendri menghimbau pada pedagang agar jangan melakukan penimbunan. 

"Kita mengharapkan pada pedagang jangan sampai melakukan 'penimbunan'," pintanya. 

Karena, menurutnya, kenaikan harga minyak goreng ini dipicu dari kenaikan harga bahan baku secara internasional. 

Namun, sehubungan dengan kenaikan harga kebutuhan dapur ini, pihak Disperindag Sumbar telah menggelar bazar di 7 titik yang tersebar di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Kabupaten Agam, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dan lainnya.

"Puncak bazarnya saat memperingati Hari Bela Negara (HBN) di Kabupaten Limapuluh Kota," pungkasnya.

(Obral Caniago)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update