HUT ke-37 Karang Taruna Mersi Kopan Mambangkik Batang Tarandam
×

Adsense

Adsense Mobile

HUT ke-37 Karang Taruna Mersi Kopan Mambangkik Batang Tarandam

Selasa, 28 Desember 2021 | 11:19 WIB Last Updated 2021-12-28T04:19:39Z


loading...

Koto Tuo, MJNews.id - Adrison Dt. Papatiah menginginkan Karang Taruna harus adaptif, kreatif, inovatif, konektif, partisipatif, dan kontributif untuk menjawab tantangan zaman. Karang taruna sebagai organisasi kepemudaan harus terus berkomitmen untuk memberikan baktinya untuk kampung halaman.

Hal itu disampaikan Adrison saat bincang-bincang dengan MJNews.id, jelang memperingati hari jadi Karang Taruna  MERSI KOPAN ke-37, sekaligus ajang silaturahmi antar anggota Karang Taruna dengan masyarakat. Yang mana, di momen ulang tahun Karang Taruna tahun ini akan dimeriahkan, Bagurau Saluang Orgen Samalam Suntuak dan kegiatan sosial lainya bakal dilalukan para anggota Karang Taruna.

Lebih jauh, Adrison mengatakan,Kader karang taruna harus terus berperan terhadap penguatan kemandirian ekonomi generasi muda, melahirkan dan menguatkan Kelompok Usaha Bersama, Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna.

Dengan harapan, akan lahir lembaga ekonomi mikro di tingkat jorong yang dikelola karang taruna. Insha Allah karang taruna mampu menjadi jaringan pasar ekonomi secara lokal. Semakin tumbuhnya socialpreneur juga menjadi ikhtiar yang akan terus kita kuatkan," Ucap Adrison.

Menurutnya, momentum HUT ke-37 Karang Taruna MERSI KOPAN, harus mengukuhkan posisi sebagai garda terdepan perekat sosial, penyambung solidaritas, sebagai agen perubahan dalam pengembangan masyarakat.

"Karang Taruna harus menjadi garda terdepan dalam memerankan diri sebagai perekat sosial, harus menjadi penjaga moral untuk melakukan perang terhadap narkoba, dan penyakit masyarakat lainnya.

"Anggota Karang Taruna harus mampu menjadi moral force, social kontrol dan agent of change. Sehingga melahirkan Social Leader atau Kepemimpinan yang berwatak sosial," ujarnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna MERSI KOPAN, Andha mengatakan, momen HUT ke-37 Karang Taruna Mersi Kopan, harus menjadi pengingat bagi kita semua untuk konsisten berkarya untuk kampung halaman.

"Di Hut ke 37 Karang Taruna Mersi Kopan, berbagai kegiatan sosial sudah kita lakukan, seperti menumbuh kambangkan kembali semangat Gotongroyong yang nyaris hilang selama ini, menghidupkan kembali wirid remaja dan magrib mengaji untuk masyarakat Jorong Koto Tuo," kata Andha. 

Andha juga mengatakan, pentingnya mensukseskan program vaksinasi dalam upaya memberikan ketahanan kepada masyarakat terhadap covid-19. Untuk malam bagurau samalam suntuak bakal digelar, Rabu 29 Desember 2021.

Kita tetap memberlakukan prokes dengan tetap memakai masker dan alat pelindung kesehatan lainnya.

"Pesan saya kepada pengurus dan anggota karang taruna, mari satukan langkah dalam kesetiakawanan bersama mensukseskan program Aniversery ke 37 Karang Taruna MERSI KOPAN bersatu dalam kebersamaan. Artinya, HUT Ke 37 MERSI KOPAN tahun ini merupakan cerminan panjang perjalanan sebuah Organisadi Karang Taruna MERSI KOPAN," ujar Sang Ketua.

Sementara saksi sejarah bermula lahirnya Karang Taruna Mersi Kopan, Maison St. Malano mengatakan, dirinya berharap, karang taruna harus menjadi garda depan gerakan sosial bersama pemerintah dan masyarakat dalam menyelesaikan persoalan nagari dam jorong.

"Jangan pernah lelah untuk terus berjuang dan memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan sosial di tangan para pumuda lah maju mundur korong Koto Tuo ini. Perlihatkan potensi yang ada. Kesempatan, terbula lebar menanti didepan. Mau jadi politikus, mengabdikan diri secara total untuk nagari sekarang waktunya. Raih dan gapai mimpi mimpi tersebut," katanya.

(Son)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update