Pemko Sawahlunto Dapat Penghargaan dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia

anugerah Pratistha Pusaka Award 2021
Pemko Sawahlunto Dapat anugerah Pratistha Pusaka Award 2021 dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia.

SAWAHLUNTO, Mjnews.id – Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta, SH pada Jumat (3/12/2021) pagi mengikuti Kongres V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang bertempat di Kota Bogor, Jawa Barat.
Dalam kegiatan kongres ini, sekaligus Kota Sawahlunto mendapat anugerah Pratistha Pusaka Award 2021. Hal Ini, merupakan wujud nyata dan apresiasi dari JKPI kepada Kota Sawahlunto yang telah berkomitmen dalam kinerjanya untuk menjaga dan melestarikan serta merawat kota pusaka Sawahlunto atau Kota Heritage. 
Sementara itu, dalam kongres ke V ini mantan Wali Kota Sawahlunto (almarhum) Amran Nur (2003 – 2013) yang merupakan salah satu deklarator (pendiri) dari JKPI, mendapat penghargaan Anugerah Bakti Utama Pusaka. 
Kita ketahui, alm Amran Nur telah memulainya, bagaimana agar Sawahlunto dapat ditetapkan menjadi kota warisan dunia dan juga mengubah kota Sawahlunto, yang saat itu sudah dianggap mati dapat kembali hidup dan menjadi kota destinasi pariwisata dengan pendekatan heritage (kota tua). 
Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH dalam kegiatan ini didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Museum Peninggalan Bersejarah, Hilmet dan Kepala Bidang Kebudayaan Kota Sawahlunto Sarlina Putri SE M.Par.
Buah hasil dari kota haritage inilah, yang salah satunya mulai dirasakan oleh warga Sawahlunto dengan ikon wisatanya, sebagai kota tua haritage.
(Fidel)