Pemko Sawahlunto Dukung Berbagai Kegiatan Peningkatan Ekonomi Masyarakat
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemko Sawahlunto Dukung Berbagai Kegiatan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Kamis, 02 Desember 2021 | 20:18 WIB Last Updated 2021-12-02T13:18:06Z


loading...

pelatihan menjahit
Pemko Sawahlunto melalui kerja sama dengan perusahaan konveksi PT. Asiaco Batamindo melaksanakan pelatihan menjahit, bagi para ibu rumah tangga, sejak hari Rabu (24/11/2021) lalu sampai pada Selasa (28/12/2021) akhir tahun ini. 

SAWAHLUNTO, Mjnews.id - Kita ketahui, Pemko Sawahlunto melalui kerja sama dengan perusahaan konveksi PT. Asiaco Batamindo melaksanakan pelatihan menjahit, bagi para ibu rumah tangga, sejak hari Rabu (24/11/2021) lalu sampai pada Selasa (28/12/2021) akhir tahun ini. 

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP-Naker) Kota Sawahlunto, Dwi Darmawati bahwa pelatihan menjahit pakaian kerja ini diikuti oleh 15 orang warga dengan tiga (3) orang instruktur. 

“Sebelumnya, dari awal tahun kita sudah melakukan pelatihan menjahit seperti ini, langsung di desa atau kelurahan yang didukung dengan penyediaan mesin jahit. Seperti beberapa desa di Kecamatan Talawi dan desa dan kelurahan di Kecamatan Barangin,” urai Dwi Darmawati di Balai Latihan Kerja (BLK) Sawah Rasau, Sawahlunto pada Kamis (2/12/2021). 

Dwi Darmawati menambahkan bahwa, pada setiap desa dan kelurahan telah menyediakan 10 unit mesin jahit dan ditambah dengan satu unit mesin obras, bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tambang di Kota Sawahlunto. 

Sementara itu, Kabid Tenaga Kerja DPMTSP-Naker Indra Syamsi menyebutkan bahwa sejak pelatihan menjahit gelombang pertama sampai sekarang, peserta yang masih aktif tercatat kurang lebih sebanyak 56 orang. 

Indra Syamsi menyatakan bahwa sistem kerjasama dengan PT. Asiaco Batamindo, berupa dalam bentuk peserta hanya menjahit kain yang sudah disediakan pihak perusahaan, setelah selesai dijahit kemudian perusahaan membeli pakaian tersebut. 

"Jadi hal ini memang cocok sekali bagi ibu-ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang di rumah. Sambil mengurus rumah dan keluarga namun juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan," imbuh Indra Syamsi menambahkan. 

Pemko melalui Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH menyampaikan komitmennya.

"Pemko Sawahlunto akan selalu mendukung berbagai kegiatan, untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Salah satunya, diterjemahkan ke dalam bentuk berbagai pelatihan seperti ini," pungkas Wako Deri Asta yang meninjau langsung pelaksanaan pelatihan ini Kamis (2/12/2021) di BLK Sawah Rasau, Sawahlunto.

(Fidel)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update