Rakor Bersama Gubernur, Bupati Tanah Datar Sampaikan Capaian Vaksinasi Data KPCPEN
×

Adsense

Adsense Mobile

Rakor Bersama Gubernur, Bupati Tanah Datar Sampaikan Capaian Vaksinasi Data KPCPEN

Rabu, 29 Desember 2021 | 05:00 WIB Last Updated 2021-12-29T12:20:55Z



Eka Putra
Bupati Tanah Datar, Eka Putra saat Rakor bersama Gubernur Sumbar.

TANAH NDATAR, Mjnews.id - Bupati Tanah Datar, Eka Putra didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Covid-19 bersama Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah secara virtual, Selasa 28 Desember 2021, di Indojolito Batusangkar.

Di kesempatan itu, Bupati Eka Putra berharap capaian vaksinasi Tanah Datar memakai data dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

"Menurut data KPCPEN, capaian vaksinasi Tanah Datar berdasarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dosis I sudah 71,12%, dosis II 45,75, namun berbeda dari data Provinsi Sumbar masih 60,15% dan dosis II 39,06%," katanya. 

Dikatakan Bupati Eka, perbedaan angka capaian itu tentunya turut mempengaruhi kinerja petugas di lapangan. Karenanya dibutuhkan tindaklanjut Gubernur Sumbar

"Pemerintah Daerah menurunkan 40 tim vaksinator bersama TNI, Polri terus menggenjot capaian vaksinasi melalui posko dan gerai vaksin setiap hari. Ketika kerja keras dirasa tidak sebanding nilai capaian tentunya mengurangi spirit dan semangat," ujar Eka.

Kemudian Bupati Eka berharap data sasaran vaksinasi Covid-19 disesuaikan kembali dengan kondisi sebenarnya, sehingga nilai capaian juga meningkat.

"Dari data kami ada 2000 lebih masyarakat yang sebagian berada di perantauan dan sebagian lagi meninggal dunia, karena itu Saya harap disesuaikan lagi data sasaran ini. Kami sudah sampaikan keluhan dan saran ini ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, namun sampai saat ini belum ditanggapi," katanya. 

Dari data Provinsi Sumbar, tercatat 306.326 sasaran vaksin, 70 persennya adalah 214.428 jiwa. Sampai 27 Desember 2021, capaian vaksin Tanah Datar sebanyak 184.256 jiwa, sisa target 30.172 jiwa. Sekiranya dibagi 3 hari sisa di tahun ini, maka sehari dilakukan vaksinasi sebanyak 10.057 jiwa. 

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan Pemprov Sumbar siap membantu Kabupaten/Kota melaksanakan vaksinasi.

"Pemprov siap membantu dengan menurunkan tenaga vaksinator ke Kabupaten/Kota. Namun tentu diharapkan dukungan mobilisasi dan kehadiran masyarakat oleh Pemerintah Daerah setempat," katanya. 

Bahkan untuk motivasi pencapaian target vaksinasi, tambah dia, Pemprov Sumbar menyediakan 5 paket umrah sebagai reward. 

"Kita menyediakan reward umrah bagi desa/kelurahan/nagari terbaik dalam peningkatan vaksinasinya. Khususnya untuk 5 orang dari unsur Wali Nagari, Babinsa, Babinkamtibmas," tukasnya.

(Prokopim)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update