Wako Sawahlunto Resmikan Gedung Perpustakaan Umum Muhammad Yamin

Wako Sawahlunto Resmikan Gedung Perpustakaan Umum Muhammad Yamin
Wako Sawahlunto Resmikan Gedung Perpustakaan Umum Muhammad Yamin.

Sawahlunto, Mjnews.id – Setelah selesai melalui renovasi, Gedung Perpustakaan Umum Muhammad Yamin di Talawi, pada Selasa (7/12/2021) diresmikan langsung oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta, SH yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dr dr Ambun Kadri, MKM. 
Gedung yang terletak di areal atau tepatnya, berhadapan dengan makam Pahlawan Nasional M. Yamin tersebut, setelah melewati renovasi kini jauh lebih representatif dan dilengkapi dengan aula yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Seperti untuk ruang belajar, ruang baca anak dan ruang baca umum yang lebih luas atau untuk ruang kegiatan sosial budaya. 
Bahkan di perpustakaan ini, ada pojok display peninggalan Muhammad Yamin, yang saat ini dapat digunakan sebagai untuk sarana kaum disabilitas maupun untuk berbagai kegiatan lainnya. 
Walikota Sawahlunto, Deri Asta mentatakan bahwa, dengan telah selesainya renovasi Perpustakaan Umum M. Yamin ini, dapat dijadikan fasilitas bagi masyarakat umum untuk meningkatkan minat membaca maupun kegiatan yang bersifat  literasi. 
“Kami mencatat tingkat literasi masyarakat Sawahlunto sekarang ini ada pada angka  50,2 persen. Berarti, baru setengah dari total masyarakat Sawahlunto yang ikut pada kegiatan ini. Hal ini perlu ditingkatkan dan Pemko akan  melakukan peningkatan, melalui salah satunya dengan pembangunan fasilitas, berupa perpustakaan umum,” ujar Wako Deri Asta. 
Untuk itu, diharapkan agar DPK selaku pengelola perpustakaan di Sawahlunto, dapat hendaknya menciptakan berbagai inovasi dalam menarik kunjungan masyarakat ke perpustakaan.
(Fidel)