Wako Sawahlunto Tinjau Kelompok Peternak Ayam Petelur di Kecamatan Barangin

Wako Sawahlunto Tinjau Kelompok Peternak di Kecamatan Barangin
Wako Sawahlunto Tinjau Kelompok Peternak di Kecamatan Barangin.

SAWAHLUNTO, Mjnews.id – Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta, SH pada Selasa (7/12/2021) siang, bersama Kadis Pertanian Heni Purwaningsih meninjau usaha peternakan unggas, di Dusun Padang Malintang, Desa Santur, Kecamatan Barangin.
Di lokasi ini, terdapat komunitas yang merupakan kelompok peternak ayam petelur yang tergabung ke dalam kelompok ternak mandiri, pimpinan Hasjhoni, mantan anggota DPRD Kota Sawahlunto. 
Dalam kelompok ini, terdapat beberapa peternak. Termasuk peternak yang sudah berhasil dalam usahanya, dengan omset puluhan juta rupiah setiap panennya. 
Kelompok peternak mandiri ini, beranggotakan 80 orang peternak dan 20 diantaranya, merupakan peternak ikan lele dengan sistem bioflok. Kita ketahui, kelompok peternak mandiri di bawah pimpinan Hasjhoni ini, bekerja sama dengan pihak swasta PT Efyseri. Kerjasama dilakukan, terutama dalam pengadaan pakan ternak, bibit, obat obatan dan termasuk pemasaran. 
Kemudahan bagi para petani adalah, seluruh biaya dapat dibayarkan setelah hasil panen. Hal ini, tentunya akan sangat membantu sekali bagi para petani, dalam kondisi saat ini. 
Wako Sawahlunto mengunjungi kelompok tani ini, dalam rangka meninjau dan melihat langsung kondisi yang sedang dihadapi para peternak, khususnya yang ada di Kota Sawahlunto. 
Dan kegiatan ini, sekaligus untuk dapat menyerap berbagai informasi langsung dari masyarakat, terkait dengan permasalahan serta kendala yang dihadapi oleh para peternak di tengah pandemi Covid-19. Untuk ditindak-lanjuti agar dapat meminimalisir masalah umum dan klasik yang sering dihadapi para petani, berupa masalah permodalan dan pemasaran. 
Untuk itu, Wako Deri Asta menyampaikannya melalui awak media, masyarakat bebas memilih dan menentukan skemanya sendiri untuk mengatasi masalah dan kendala yang dihadapi. Apakah melalui pihak perbankan atau melalui kerjasama dengan pihak swasta.
“Pemerintah daerah, tentunya akan memberi support dan dorongan serta motivasi,” ungkap Wako Deri Asta. 
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Sawahlunto, Heni Purwaningsih mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya selalu memberikan bimbingan tekhnis agar para peternak berhasil dalam usahanya dan dapat meningkatkan taraf hidupnya, utamanya para petani Sawahlunto.
Sebagai contoh, pihak dinas sudah meng-inventarisir terhadap beberapa kolam ikan masyakarat, penerima bantuan Pemerintah Sawahlunto untuk ditinjau dan dikaji ulang. Apakah masih berfungsi dan berjalan secara baik atau masih perlu perbaikan. Hal ini dilakukan sebagai pedoman bagi pemko dalam memberikan bantuan selanjutnya. 
Diketahui, pada anggaran tahun 2022 nanti, Pemerintah Kota Sawahlunto telah mengalokasikan bantuan stimulus ekonomi, berupa ternak bagi 50 KK warga Kota Sawahlunto. Dengan rincian, 20 KK peternak itik, 20 KK peternak ayam dan 10 KK peternak kambing.
(Fidel)