Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pessel Tampung Oleh-oleh Wisatawan Produksi IKM
×

Adsense

Adsense Mobile

Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pessel Tampung Oleh-oleh Wisatawan Produksi IKM

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:30 WIB Last Updated 2022-01-15T00:21:46Z


loading...

galeri dan pusat informasi oleh-oleh
Para istri Direksi dan Komisaris Bank Nagari Wilayah Sumatera belanja di galeri dan pusat informasi oleh-oleh Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan.

Pesisir Selatan, Mjnews.id - Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menampung berbagai hasil produksi Industri Kecil Menengah (IKM) dari daerah setempat.

Hasil produksi seperti Fashion, Kerajinan Tangan dan Makanan Khas daerah dari para IKM ditaruh pada Galeri oleh-oleh yang terletak di sebelah kantor Dinas Perdagangan itu.

Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pesisir Selatan, Mimi Riarty Zainul mengatakan, pemanfaatan ruang Galeri sebagai pusat informasi oleh-oleh tersebut baru dimanfaatkan kurang lebih satu bulan ini.

Tempat itu, juga menjadi harapan para IKM dalam mempromosikan dan menggerakan sektor ekonomi dari tiap produksi.

"Galeri dan pusat informasi oleh-oleh ini memang masih baru ya. Kurang lebih satu bulan. Jadi, belum kita launching. Disini ada banyak hasil produksi IKM yang sengaja kita tampung, ada fashion, kerajinan tangan, makanan dan lain-lainnya" jelas Mimi, Kamis 13 Januari 2022, usai menyambut tamu dari para istri Direksi dan Komisaris Bank Nagari Wilayah Sumatera yang berbelanja di Galeri.

Beragam produksi IKM yang telah ditampung di Galeri oleh-oleh itu, kata Mimi diantaranya Batik Sulaman Bayangan, Batik Lumpo dan jenis kuliner daerah seperti rendang dengan berbagai ragam olahan.

Untuk makanan basa juga ada, saat ini yang lagi musim adalah ketan durian, lamang golek.

"Kita akan terus promosikan Galeri ini karena ini juga menjadi harapan para IKM kita," tambahnya.

Untuk mendukung keberadaan galeri tersebut, para wisatawan yang datang dari luar daerah diharapkan dapat mengunjungi tempat itu untuk membeli oleh-oleh sebagai buah tangan setelah mengunjungi destinasi wisata Carocok Painan dan sekitarnya.

Disebutkan, tamu luar daerah yang pertama kali mengunjungi Galeri oleh-oleh itu adalah Wakil Bupati Sarolangon. Lalu, pada Kamis (13/1) juga diburu oleh istri-istri Direksi dan Komisaris Bank Nagari Wilayah Sumatera.

Para istri pimpinan Bank Nagari melhat seluruh hasil produksi IKM Pesisir Selatan. Mereka rata-rata menyukai dengan keunikan produksi yang ada. Seperti halnya di bidang Fashion.

Batik Sulaman Bayangan dan Batik Lumpo banyak yang tertarik. Kemudian, dari sisi kuliner, mereka juga membeli Rendang Lokan Ega yang diproduksi di Bunga Pasang, Kecamatan IV Jurai.

Usai membeli oleh-oleh, puluhan istri pimpinan Bank Nagari melanjutkan perjalanan ke destinasi wisata unggulan di Pesisir Selatan.

(myd)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update