Gubernur Sumbar Apresiasi Semangat Cinta Qur'an Masyarakat Siguntur Dharmasraya
×

Adsense

Adsense Mobile

Gubernur Sumbar Apresiasi Semangat Cinta Qur'an Masyarakat Siguntur Dharmasraya

Sabtu, 08 Januari 2022 | 13:30 WIB Last Updated 2022-01-08T15:40:47Z


loading...

peletakan batu pertama pembangunan Markaz Qur'an Abu Khansa
Gubernur saat peletakan batu pertama pembangunan Markaz Qur'an Abu Khansa di Taratak, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Jumat (7/1/2022) sore.

DHARMASRAYA, Mjnews.id - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi memuji semangat religius masyarakat Nagari Siguntur, khususnya di Taratak yang bergotong royong bahu membahu dalam membangun markaz Qur'an sebagai salah satu pusat pendidikan Al-Qur'an bagi generasi penerus.

Apresiasi itu disampaikan Gubernur saat memberikan sambutan sebelum peletakan batu pertama pembangunan Markaz Qur'an Abu Khansa, di bawah naungan Yayasan Qur'an Al Quds di Taratak Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Jumat (7/1/2022) sore.

"Semangat religius di Sitiung ini luar biasa, Jarang sekali saya lihat Pak Camat hadir dalam acara seperti ini. Tapi disini, Pak Camat dan Pak Wali Nagari hadir bersamaan. Insyaallah jika camatnya sholeh, walinagari juga sholeh, sehingga masyarakatnya juga cinta pada kesholehan. Mudah-mudahan masyarakat Nagari Siguntur dan Sikabau ini akan diberkahi," ujar Buya Mahyeldi.

Secara khusus gubernur juga menyampaikan apresiasi kepada Ustad Eddo Fernandes, Lc, yang telah mengabdikan diri di Kamluang Halaman setamat dari pendidikan di Timur Tengah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Ustad Eddo Fernandez, Lc selaku pembina yayasan yang telah mengabdikan dirinya untuk umat di Nagari Siguntur. Sebab biasanya lulusan timur tengah ini banyak yang berkarya diluar atau di kota besar, tapi Ustad Eddo memilih berdakwah dikampung, terimakasih Ustad,” ucap Gubernur

Sebagai wujud dukungan pada pendidikan Al-Quran, gubernur secara spontan langsung memberikan donasi untuk pembangunan Markaz Quran tersebut sebanyak Rp5 juta.

"Ini sebagai pemancing saja dsri saya. Semoga yang lain nanti bisa mencukupi, termasuk ada anggota DPRD juga disini. Ini demi kebaikan kita bersama," ucap gubernur yang langsung diiyakan oleh salah seorang pimpinan DPRD Dharmasraya yang ikut hadir dalam acara tersebut.

Pembina Yayasan, Ustad Eddo menjelaskan, saat ini santriwan santriwati berjumlah 174 orang. Sebamyak 32 orsng diantatsnya siswa Raudhatul Atfal, dan 142 santri Markaz Quran. Di.Markaz ini santri diajarkan metode menghafal Quran sesuai sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

"Alhamdulillah anak-anak kita disini sudah ada yang hafal 17 juz. Termasuk juga ada yang masih usia balita sudah hafal 3 sampai 5 juz. Metodenya disini hanya 15 sampai 20 anak per kelas, kelas kita ada 4, dan saat ini sedang pengumpulan dana untuk pembangunan gedung diatas lahan 15x20. Dana dibutuhkan sebanyak Rp790 juta untuk pembangunan keseluruhan," jelas Eddo.

Usai meletakan batu pertama pembangunan Markaz Quran Abu Khansa, Gubernur Mahyeldi melanjutkan perjalanan meresmikan gedung baru Yayasan Islam Al Kautsar, yang masih berada di Nagari Siguntur. Disini Buya Mahyeldi memberikan bantuan tunai Rp3 juta dan hadiah untuk anak-anak hafiz Qur'an 13 juz dan 14 juz.

(mmc)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update