Homalomena Frog, Tanaman Hias Cantik Asal Kota Padang Panjang
×

Adsense

Adsense Mobile

Homalomena Frog, Tanaman Hias Cantik Asal Kota Padang Panjang

Kamis, 13 Januari 2022 | 02:00 WIB Last Updated 2022-01-12T19:00:00Z


loading...

Homalomena Frog
Homalomena Frog. (kominfo)

Padang Panjang, Mjnews.id - Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang tersebar dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua, membuat keberagaman flora, termasuk Homalomena, hidup dengan sangat subur. 

Homalomena adalah tanaman hias yang biasa hidup dan ditemukan di tempat lembap dengan iklim tropis dan subtropis yang memiliki hampir 135 spesies yang tersebar di hutan hujan di daerah Asia Tenggara hingga Melanesia. 

Baru-baru ini, di hutan hujan Indonesia, tepatnya di Kota Padang Panjang ditemukan spesies baru Homalomena. Spesies baru tersebut kemudian diberi nama Homalomena Frog. Kehadiran Homalomena Frog yang memiliki warna yang cantik nan menyegarkan, daun berbentuk hati dengan corak hijau dan putih, menambah deretan panjang keindahan flora yang ada di negara yang kaya akan keindahan alam tersebut. 

Karena nilai ekonomis dan keunikan yang dimilikinya, petani tanaman hias Kota Padang Panjang pun mulai membudidayakan tanaman yang masih termasuk ke dalam keluarga Araceae tersebut. 

Elia Merida (48), salah satu pembudidaya tanaman tersebut, mengaku sangat menyukai jenis tanaman ini karena memiliki corak yang indah. Ia pun menerangkan tanaman hias tersebut seringkali dikirim ke luar kota. 

"Saya suka karena coraknya yang unik. Daunnya belang hijau dan putih. Bibitnya ini saya dapatkan dari teman saya yang juga petani tanaman hias. Karena permintaan pasar, ia selalu mengirim Homalomena Frog yang dibudidayakannya ke Bogor," tutur Elia, Rabu 12 Januari 2022. 

Elia menyebutkan Homalomena Frog dibandrolnya dengan harga Rp 50.000 untuk satu potnya.

"Kemarin ada yang berhenti di sini untuk membeli bunga ini. Sepertinya bukan orang Padang Panjang, tapi masih masyarakat lokal Sumatera Barat. Kepadanya saya jual dengan harga Rp 50.000 untuk satu potnya," jelasnya. 

Sebelumnya, Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Dr. Liferdi, S.P, M.Si, dalam acara Temu Teknis Pengembangan Holtikultura Kota Padang Panjang yang diadakan pada 11 Januari lalu meminta Pemerintah Kota untuk segera mematenkan tanaman hias yang berasal dari Kota Padang Panjang tersebut. 

Dengan adanya dukungan dari Kementan itu, dan juga dari Pemerintah Kota, Elia berharap budidaya tanaman hias di Kota Padang Panjang dapat meningkatkan ekonomi petani tanaman hias di Kota Hujan ini. 

"Saya berharap semoga ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Padang Panjang," pungkas Elia.

(DESI FUJI RAHAYU - KOMINFO)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update