Jelang HUT Pasbar, Ketua DPRD Ziarah Ke Makam Tokoh

Ketua DPRD Pasbar Ziarah Ke Makam Tokoh
Ketua DPRD Pasbar Ziarah Ke Makam Tokoh. (f/humas)
 

PASBAR, MJNEWS.ID – Sambut Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 18 Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Ketua DPRD setempat, Erianto bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat lakukan ziarah ke sejumlah makam tokoh-tokoh besar dan berpengaruh di Pasbar, Kamis (6/1/20212).

Ziarah rombongan dipimpin langsung oleh Bupati Pasbar Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto, didampingi Ketua DPRD H. Erianto.SE , Sekda Pasbar, para Asisten, Staf Ahli, Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK, Ketua DW, Kepala OPD, Kabag, Camat, Wali Nagari beserta stakeholder terkait lainnya. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam kegiatan ziarah Bupati Hamsuardi mengatakan telah mengagendakan berziarah ke beberapa makam tokoh besar pada hari itu. Makam yang dikunjungi diantaranya Makam Buya Lubuk Landua di Nagari Persiapan Lubuak Landua, Kecamatan Pasaman, selanjutnya ke Makam Buya Alin Tagak di Alin Tagak Kecamatan Gunung Tuleh, dilanjutkan ke Makam Alm. H. Syahiran dan makam Syeh Rao-rao di Silaping Kecamatan Ranah Batahan dan yang terakhir ke Makam Alm. Syahrul Datuak Marajo di Kampung Pisang Kecamatan Kinali.

Baca Juga  Koperasi Bisa Bantu Kehidupan Nelayan dan Stabilkan Harga Ikan

“Sengaja beberapa hari yang lalu kami musyawarah bersama, dalam menyambut HUT Pasbar yang ke 18. Kita merencanakan ziarah ke makam tokoh nasional dan agama Pasbar. Alhamdulillah hari ini kita telah berziarah ke Makam Buya Lubuk Landua, selanjutnya makam buya Alin Tagak, ziarah di makam Alm. Bapak Syahiran, makam Syeh Rao-rao dan terakhir kita ke makam mamak Datuk Syahrul Datuak Marajo di Kinali,” kata Hamsuardi.

Bupati mengatakan bahwa ziarah kubur termasuk ibadah yang mulia disisi Allah. Ziarah merupakan bentuk penghormatan bagi orang yang sudah meninggal dunia. Dengan ziarah kubur, akan mengingatkan manusia kepada kematian dan mempersiapkan diri menuju alam akhirat.

Selain itu Ia mengungkapkan bahwa, ziarah sebagai bentuk solidaritas dan menggiatkan silaturahmi. Ia juga berterimakasih kepada rombongan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, dan berharap kegiatan seperti ini tetap akan terus terlaksana dimasa yang akan datang.

Baca Juga  Nusron Wahid Sebut Puan Maharani Sudah Diterima Semua Golongan

“Momen ini juga sebagai ajang silaturahmi antara Pemda, keluarga almarhum, dan masyarakat. Kesempatan seperti ini harus tetap kita jaga, membina kekompakan, ini bukti nyata kepedulian kita terhadap mantan bupati, wakil bupati, serta tokoh ulama yang berjasa mengembangkan agama islam di Pasbar ini. Semoga kedepan, kegiatan seperti ini tetap kita laksanakan,” ujar Hamsuardi.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Bupati Risnawanto, ia berharap niat baik mengunjungi makam tokoh Pasbar dapat diterima oleh Allah SWT. Dengan mengirimkan doa, memberikan motivasi dan dukungan kepada keluarga Almarhum dan yang terpenting untuk mempererat hubungan silaturrahmi.