Kabupaten Agam Tuan Rumah Kejurwil Karate Gojukai se-Sumatera
×

Adsense

Adsense Mobile

Kabupaten Agam Tuan Rumah Kejurwil Karate Gojukai se-Sumatera

Sabtu, 08 Januari 2022 | 15:00 WIB Last Updated 2022-01-08T13:57:40Z



Kejurwil Karate Gojukai se-Sumatera
Kabupaten Agam Tuan Rumah Kejurwil Karate Gojukai se-Sumatera.

Lubuk Basung, Mjnews.id - Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah, Drs. H. Edi Busti, M.Si menyebut, kejuaraan Karate Gojukai se-Sumatera yang digelar di daerahnya itu merupakan ajang melahirkan atlet-atlet handal dan berprestasi.

Cabang olahraga yang kerap mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional tersebut, dinilai bupati sebagai olahraga yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

“Melalui kejuaraan Karate Gojukai se-Sumatera ini, kita berharap muncul bakat-bakat dan atlet-atlet berprestasi. Tanpa ada turnamen, akan sulit melahirkan atlet-atlet tangguh,” ujarnya saat membuka Kejurwil Karate Gojukai, Sabtu (8/1/2022) di GOR Rang Agam.

Menurut bupati, kejuaraan yang digelar dapat dilihat sebagai bagian dari pembinaan keolahragaan yang melahirkan sikap- sikap sportivitas. Kejuaraan merupakan sarana untuk menyalurkan ekspresi, bakat, kepandaian dan aktualisasi diri para atlet.

“Melalui kejuaraan akan tersalurkan bakat-bakat para karateka yang mengarah kepada prestasi. Prestasi yang diraih itu pula nantinya akan menjadi motivasi bagi generasi muda lainnya untuk mengejar kemampuan terbaik mereka,” terangnya.

Bupati menilai, olahraga berpeluang memberikan karir yang jelas bagi masyarakat. Pasalnya, saat ini banyak atlet-atlet yang telah berkiprah di kancah internasional, bahkan berkarir secara profesional di industri olahraga.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, kendati di satu sisi negara tengah dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19, akan tetapi tidak menyurutkan semangat para atlet untuk berkontribusi dalam mengharumkan nama daerah masing-masing.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah mentransformasi pola kegiatan yang dulunya cenderung massal berubah menjadi berkelompok dan terbatas, bahkan dilaksanakan tanpa penonton.

“Sehubungan dengan itu, kita berharap kejuaraan ini dapat terselenggara dengan pola pelaksanaan yang tepat, sehingga atlet tetap bisa berprestasi dan tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Kabupaten Agam dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaran Wilayah Karate Gojukai se-Sumatera yang berlangsung selama 2 hari di GOR Rang Agam itu diikuti 145 atlet karate dari sejumlah provinsi.

Sementara Ketua Pelaksana Kejurwil Karate Gojukai se-Sumatera, Roni Besrizal, S.ST mengatakan, Kejurwil yang digelar pada Sabtu-Minggu (8-9 Januari 2022) itu menghadirkan 145 atlet Karate Gojukai se-Sumatera.

“Kejuaraan kali ini, Kabupaten Agam ditunjuk sebagai tuan rumah. Saat ini telah berkumpul 145 atlet karate yang terdiri dari tujuh kelas, mulai pra usia dini hingga senior,” ujarnya.

Roni melanjutkan, Kejurwil yang digelar dilangsungkan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Selain atlet yang bertanding di dalam arena, semua peserta yang berada di GOR Rang Agam diharuskan menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Kami berharap kejuaraan ini dapat berjalan lancar dan tidak menjadi kluster baru penyebaran Covid-19, untuk itu panitia akan terus mengawasi penerapan prokes Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Karate Gojukai, Rensi Sihan Husni Yusuf mengatakan kejurwil yang digelar untuk mencari para atlet berbakat yang bakal berlaga di Kejurnas dan Kejuaraan Asia Pasifik Gojukai.

Pihaknya berharap, para atlet yang bertanding di GOR Rang Agam dapat menampilkan kemampuan maksimal. Dikatakan, di tangan para atlet terletak nama baik daerah masing- masing.

“Bertandinglah dengan penuh sportivitas, jangan curang, semoga para atlet dapat mengharumkan nama daerah masing-masing,” tuturnya.

Pengurus FORKI Sumsel itu juga berharap, Kejurwil yang digelar di Kabupaten Agam dapat menjadi ajang silaturahmi dan mempererat rasa persaudaraan antar sesama altet Gojukai.

“Alhamdulillah, sampai saat ini tidak pernah ada keributan sesama atlet Gojukai. Kita harus bangga dengan Karate Gojukai,” ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya berterimakasih pada Pemerintah Kabupaten Agam yang telah memfasilitasi penyelenggaraan kejurwil dan akan tetap mempedomani protokol kesehatan Covid-19.

(emg)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update