Duh! Oknum Lurah Ini Diduga Potong Gaji RT dan LK serta Linmas
×

Adsense

Adsense Mobile

Duh! Oknum Lurah Ini Diduga Potong Gaji RT dan LK serta Linmas

Selasa, 11 Januari 2022 | 22:30 WIB Last Updated 2022-01-11T17:47:08Z



Faisal Abduh Kurnia
Lurah Sribasuki, Faisal Abduh Kurnia.

Lampung Utara, MJNews.id - Berdasarkan Hasil Tim investigasi Media yang tergabung pada wadah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Lampung utara, pada Selasa (28/12/2021) lalu, terkait dugaan pungli yang sengaja dilakukan oleh PNS yang mempunyai Jabatan Lurah, dengan sengaja melakukan pungli pemotongan gaji seluruh ketua Lingkungan dan RT se-Kelurahan Sribasuki.

Menurut keterangan Ketua LK yang didampingi Ketua RT setempat yang enggan disebutkan namanya, ketika dikonfirmasi Tim Media, gaji kami dibayar secara tunai tidak melalui rekening lagi, dibayar secara langsung oleh lurah itu sendiri, dan gaji kami juga selalu dibayar pada malam hari.

"Gaji kami Rp 500.000/bulan, dibayar tiap Triwulan yaitu Rp.1.500.000 (sejuta lima ratus ribu rupiah). Namun yang kami terima rata-rata terima gaji Rp. 1.400.000/Triwulan seharusnya kami terima gaji Rp. 1.500.000/Triwulan, pemotong itu kami tidak tahu untuk apa kegunaannya tanpa melalui musyawarah," katanya.

"Kalau di jaman lurah yang lama pak Kuncoro, kami terima gaji melalui buku rekening dan utuh tidak ada potongan apa pun, hanya sekedar kebijakan para LK dan RT saja untuk memberi ke kelurahan," terangnya.

Akan tetapi jaman Lurah yang sekarang baru menjabat 1 tahun, setiap triwulan kita dipotong Rp. 100.000/Triwulan dikalikan 4 x gajian = Rp. 400.000/tahun.

"Jumlah sekitar ada 6 dan jumlah RT. Ada 34 bahkan termasuk gaji linmas pun dipotong juga Rp. 25.000,-/Triwulan itu juga hanya berapa linmas yang dibayar. Dari jumlah Linmas sebanyak 15 orang hanya dua atau tiga orang saja yang dibayar, yang lain sama sekali tidak dibayar," pungkas Ketua RT/RW dengan nada kesal.

Di tempat terpisah, saat Tim IWO konfirmasi dengan Lurah Sribasuki, Faisal Abduh Kurnia, S.Ip. MM di ruangan kerjanya, Rabu 29 Desember 2021, membenarkan adanya potongan dana Gaji LK dan RT sebesar Rp. 100.000/Triwulan dan gaji Linmas Rp. 25.000/Triwulan dengan alasan Lurah buat bagian staf kelurahan dan ngasih ke BPKA bagian Perben.

"Saya akui pemotongan ini tidak ada berita acara hanya kesepakatan ketua RT dan LK buat ngasih staf kelurahan," terangnya.

Lanjutnya, Gaji para RT dan LK dibagikan staf kelurahan yang langsung saya saksikan. Masalah pemotongan itu saya hanya melanjutkan kesepakatan mantan Lurah yang lama kuncoro dan saya juga baru menjabat 11 bulan.

"Pada hari yang sama keterangan Roni selaku Ketua RT. 03 LK 05 membenarkan adanya pemotongan gaji para RT dan LK sebesar Rp.100.000, Tapi saya gak tau kegunaannya," terangnya.

Kepada Pemkab Lampung Utara, Inspektorat Lampung Utara serta Aparat Penegak Hukum agar dapat menindaklanjuti masalah ini hingga tuntas meskipun Rp. 1.000. Yang namanya korupsi harus ditindak sesuai hukum yang berlaku. Dengan dasar pungutan liar (Korupsi) karena uniknya juga pembagian gaji RT dan LK dilakukan pada sore hari dan malam hari di luar jam kerja.

(Tim)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update