Pemko Resmi Subsidi Iuran Komite Pelajar SMA-SMK Sederajat Khusus KTP dan KK Bukittinggi
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemko Resmi Subsidi Iuran Komite Pelajar SMA-SMK Sederajat Khusus KTP dan KK Bukittinggi

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:00 WIB Last Updated 2022-01-12T19:12:15Z



apel bersama seluruh pelajar SMA sederajat
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar saat apel bersama seluruh pelajar SMA sederajat, di Lapangan Kantin, Senin 10 Januari 2022.

Bukittinggi, Mjnews.id - Para orang tua murid pelajar SMA - SMK sederajat di Kota Bukittinggi merasa lega karena Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi secara resmi umumkan dan realisasikan bantuan iuran komite untuk pelajar tingkat SMA se sederajat, khusus warga ber-KTP dan KK Bukittinggi.

Kebijakan melalui program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) itu, disampaikan dalam apel bersama seluruh pelajar SMA sederajat, di Lapangan Kantin, Senin 10 Januari 2022.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar didampingi Sekda Martias Wanto dan Kadisdikbud Melfi Abra, menjelaskan, bantuan iuran uang komite bagi pelajar SMA dan SMK sederajat ini, merupakan wujud nyata kepedulian Pemko Bukittinggi, dalam merealisasikan Bukittinggi Hebat di bidang pendidikan.

Dimana, terhitung 1 Januari 2022, seluruh pelajar SMA dan SMK sederajat baik negeri dan swasta, Madrasah Aliyah, serta SLB yang ber KTP dan KK Bukittinggi, dibantu iuran komite sesuai regulasi yang ada.

“Sesuai dengan janji kami sewaktu kampanye dulu yang sudah dituangkan dalam RPJMD Kota Bukittinggi Tahun 2021-2026, akan diberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi. Untuk pelajar SMA sederajat negeri dan swasta ber KK Bukittinggi, dibantu Rp 150 ribu per anak per bulan. Sedangkan untuk SMK negeri dan swasta ber KK Bukittinggi, dibantu maksimal Rp 200 ribu per pelajar per bulan. Seandainya ada yang lebih dari bantuan itu, kelebihannya itu yang dibayarkan orang tua murid. Tapi sepengetahuan kami, untuk negeri tidak ada yang lebih dari Rp 150 ribu iuran komitenya,” ungkap Erman.

Sedangkan untuk pelajar Madrasah Aliyah, iuran komitenya juga akan dibantu oleh Pemko Bukittinggi.

Namun, karena kewenangannya berada pada Kementerian Agama, pemko masih menunggu regulasi yang tepat. Selain itu, Pemko Bukittinggi juga berikan bantuan untuk guru honor yang mengajar di seluruh SMA sederajat sebesar Rp 500 ribu per bulan.

Dengan catatan, pihak yayasan dan sekolah, jangan sampai bantuan untuk guru honor ini, mengurangi pendapatan mereka sebelumnya. Ini adalah penambahan pendapatan bagi setiap guru honor di SMA dan SMK sederajat di Kota Bukittinggi,” tegasnya disambut gembira dan suka cita oleh seluruh siswa, guru honor, Kepala Sekolah serta Pengurus Yayasan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTA) yang terdiri dari SMA, SMK, baik negeri dan swasta, serta SLB.

Wali Kota juga berhasil menyemangati PSKB Bukittinggi menjadi Juara Liga 3 di Sumatra Barat itu, menyampaikan, bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban orang tua siswa pada tingkat SLTA, khususnya siswa yang berasal dari Bukittinggi. Sehingga persoalan tidak mampu membayar iyuran di sekolah tidak lagi menjadi alasan siswa Bukittinggi untuk tidak bersekolah. Bantuan iuran komite pelajar SMA dan SMK sederajat ini, telah masuk anggaran APBD 2022. Wako mengakui bahwa seluruh Anggota DPRD Bukittinggi, juga menyetujui program ini.

“Resmi, terhitung tanggal 1 Januari 2022, siswa ber KK Bukittinggi tingkat SMA sederajat, tidak lagi membayar uang komite,” tegas Wako.

Apel gabungan bersama siswa yang digelar Senin pagi tersebut dihadiri Sekda, Kpala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1, Kepala sekolah, Guru Honor serta seluruh siswa SLTA SE Kota Bukittinggi.

(ril)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update