Sambut 2022, Pemkab Pasaman Barat Adakan I'tiqaf
×

Adsense

Adsense Mobile

Sambut 2022, Pemkab Pasaman Barat Adakan I'tiqaf

Sabtu, 01 Januari 2022 | 02:00 WIB Last Updated 2022-01-01T13:27:17Z


loading...

Hamsuardi
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi.

Pasaman Barat, Mjnews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) mengadakan semalam I'tiqaf untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sekaligus dalam rangka menyambut pergantian tahun baru 2022, Jumat 31 Desember 2021 di Masjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat.

I'tiqaf dimulai dengan melakukan shalat Isya berjamaah, dan berakhir hingga sholat subuh berjamaah. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Hamsuardi menyampaikan i'tiqaf yang dilakukan semata-mata hanya mengharap ridho Allah SWT. Semua amalan yang dilakukan untuk mengejar pahala, dan berharap akan pengampunan dosa.

"Malam ini kita mengharap ridho Allah, berbuat kebajikan. Kegiatan kita cukup padat hingga subuh nanti. Pahala besar ketika kita i'tiqaf, melakukan amalan-amalan seperti sholat sunat fajar yang pahalanya lebih besar dari pada dunia dan seisinya," ucap Hamsuardi.

Ia melanjutkan, I'tiqaf yang bertepatan dengan malam tahun baru itu semua umat muslim berharap mendapatkan catatan amal. Pergantian tahun baru tidak dirayakan dengan petasan, hiburan bahkan berbuat dosa.

"Di malam terakhir tahun 2021 ini, kita sambut tahun 2022 dengan beri'tiqaf di masjid. Kita tutup buku catatan amalan kita di 2021 ini dengan amal yang baik dan tidak ditutup dengan catatan dosa. Tentu sudah banyak rencana dari kita semua, merayakan tahun baru adalah godaan setan, semoga kita semua terhindar dari godaan iblis dan setan. Mari perbanyak niat menegakkan agama Allah SWT", ujar Hamsuardi.

Bupati mengatakan bahwa himbauan telah disebar untuk tidak melakukan kegiatan dalam menyambut tahun baru ini. Semua pihak telah dikerahkan untuk mengamankan Pasbar agar terhindar dari dosa ditahun baru. 

"Tidak ada yang merayakan malam pergantian tahun dengan membakar, membunyikan, menyalakan petasan, kembang api dan sebagainya. Bersama Kapolres, Dandim, Pol PP, malam ini semua berjalan dan bertugas mengamankan Pasbar kita ini", tegas Hamsuardi.

Hal yang sama disampaikan Kabag Kesra Setda Pasbar Hendrizal, ia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Tepat momennya di akhir tahun 2021, kami mengajak kaum muslim muslimat mengevaluasi diri apa yang kita perbuat selama ini dan apa saja amalan yang sudah kita laksanakan. Satu malam ini kita beramal, mudah-mudahan di akhir tahun 2021 ini kita menjadi kekasih Allah SWT", katanya.
 
Selain sholat berjamaah, kegiatan juga di isi dengan tausiah oleh Ustad Editiarman, tadarus 30 juz, zikir, solat sunat tahajjud dan sholat sunat lainnya, dan berakhir hingga ceramah subuh.

"Setelah tausiyah, kita laksanakan tadarus berkelompok, kita laksanakan khatam, setelah itu kita zikir hingga istirahat. Kemudian nanti kita perkirakan jam setengah tiga kita tahajjud, zikir, hingga subuh berjamaah. Terakhir dilanjutkan dengan ceramah subuh dan ditutup dengan sarapan bersama", tangkas Hendrizal.

Disamping itu, Kasi haji Pasbar, Suharjo Lubis mengucapkan terimakasih kepada bupati Pasbar yang menghadiri semalam i'tiqaf. Ia juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah menghimbau masyarakat Pasbar agar meramaikan masjid di malam pergantian tahun.

"Terimakasih bapak bupati telah hadir, ini sugesti bagi kita. Kehadiran bapak menambah spirit luar biasa. Terimakasih juga kepada semua pihak yang telah menghimbau untuk tidak meramaikan jalan raya, cafe, tempat wisata. Kita dihimbau untuk meramaikan mesjid yang alhamdulillah kita pusatkan di Masjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat ini," ucapnya.

(wyu)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update