Mantap! SDN 10 Painan Timur Raih Akreditasi A dari BANSM
×

Adsense

Adsense Mobile

Mantap! SDN 10 Painan Timur Raih Akreditasi A dari BANSM

Kamis, 06 Januari 2022 | 12:00 WIB Last Updated 2022-01-06T05:27:12Z


loading...

SDN 10 Painan Timur Raih Akreditasi A dari BANSM
SDN 10 Painan Timur Raih Akreditasi A dari BANSM.

Pesisir Selatan, Mjnews.id - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 10 Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, sekolah yang dipimpin Balpasmirza itu meraih Akreditasi A (unggul) dengan nilai 91 dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM). 
 
"Alhamdulillah, SDN 10 Painan Timur kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu diterima dari BANSM dengan predikat Terakreditasi A. Semoga penghargaan itu semakin memotivasi sekolah meningkatkan kualitas pendidikan ke depan," ungkap Kepala SDN 10 Painan Timur, Balpasmirza, Kamis (6/1/2021) di Painan.
 
Dikatakan lebih lanjut, SDN 10 Painan Timur terus memadukan pengaplikasian ilmu teknologi dan pendidikan karakter untuk siswa dalam proses belajar, UPT SD Negeri 10 Painan Timur, yang juga sebagai sekolah terfavorit di Kecamatan IV Jurai, kini siap menuju SD terbaik di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Yang mana, sekolah ini selalu membina pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara yakni olah hati (etika), olah pikir (literasi), olah karsa (estetika), dan olah raga (kinestetik) dalam membentuk manusia seutuhnya sesuai dengan UUD tahun 1945," kata Kepala UPT SD Negeri 10 Painan Timur, Balpasmirza di Painan, Senin (25/10).

Dijelaskan, adapun kegiatan-kegiatan penunjang yang digagaskan untuk peningkatan kualitas siswa itu antara lain, pendidikan belajar dengan ilmu teknologi (olah pikir).

Hasil dari proses tadi adalah terciptanya individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat.

Pendidikan tahfiz Al Quran ( olah rasa/hati ) untuk menciptakan individu yang memiliki kerohanian mendalam, keyakinan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
 
Pendidikan bela diri karate ( olah raga ) untuk menciptakan individu yang sehat, produktif, berprestasi, penuh disiplin, memelihara kepribadian, santun, menguasai diri, patuh dan jujur, selalu dan mampu menjadi pelopor perubahan, serta berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

Marcing band (olah karsa) untuk menciptakan individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan. Kemudian dari nilai-nilai karakter yang diharapkan muncul dari filosofi pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara.

"Nantinya akan mengkristalisasi menjadi lima nilai utama karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas," jelasnya.

Dikatakan, tidak hanya guru jadi penggerak, siswapun harus jadi penggerak agar bersama-sama besinergi membangun pendidikan di Kabupaten pesisir selatan.

"Bangkitlah pendidikan di negeri ini, bangkitlah para guru, bangkitlah putra dan putri bangsaku. Kita harus mampu mengubah kepribadian serta karakter diri kita sendiri ke arah yang lebih ke depan," harapnya.

(myd)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update