Tahun 2022, Petani Organik Sumbar Suplai Kebutuhan Beras untuk 16.800 ASN
×

Adsense

Adsense Mobile

Tahun 2022, Petani Organik Sumbar Suplai Kebutuhan Beras untuk 16.800 ASN

Kamis, 13 Januari 2022 | 16:00 WIB Last Updated 2022-01-13T15:25:19Z



Syafrizal
Kepala Disbuntanpanhor Sumbar, Ir. Syafrizal.

Padang, Mjnews.id - Program Tahun 2022, Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura (Disbuntanpanhor) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meningkatkan produksi beras organik untuk kebutuhan 16.800 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Sumbar.

Ungkapan ini dikatakan Kepala Disbuntanpanhor Sumbar, Ir. Syafrizal, saat dijumpai awak media ini di ruang kerjanya, Kamis 13 Januari 2022.

Menurut Syafrizal, lahan areal pertanian sawah yang telah digunakan untuk menghasilkan produksi padi organik seluas 125 hektare areal sawah yang tersebar di Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar dan Daerah Pariaman. 

Lanjutnya, tahun sebelumnya hasil produksi dari pertanian organik telah mencapai sebanyak 4,5 ton per hektare.

"Untuk lebih meningkatkan lagi hasil produksi pertanian komoditi gabah jenis padi sawah kita siap untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi mengembangkan dan memacu hasil produksi pertanian berteknologi organik," ajaknya. 

Selain ini juga, dinas pertanian mensupport petani dengan beragam kegiatan, baik secara teknologi mau pun dengan teori memberikan edukasi pada petani. 

"Yang kita anjurkan pada petani sekarang, bagaimana supaya petani baik disaat ada bantuan mau pun ketika sedang tidak ada bantuan petani juga tetap bergairah untuk melakukan bercocok tanam jenis komoditi padi sawah," harapnya. 

Dari beberapa jenis dan item program pertanian bisa memacu peningkatan hasil produksi mencapai 30 persen. 

Dijelaskannya, untuk meningkatkan hasil produksi sebanyak itu ada beberapa hal yang dilakukan buat petani. 

"Terutama sekali, menggunakan varietas unggul, pemupukan berimbang, memperluas areal tanam, memakai bibit berlabel, dan lancarnya pengairan atau irigasi serta pendampingi pada petani di lapangan," pungkasnya.

(Obral Caniago)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update