Wabup Pessel Hadiri Peresmian Pandam Kuburan Tiga Induk Suku Chaniago di Tapan
×

Adsense

Adsense Mobile

Wabup Pessel Hadiri Peresmian Pandam Kuburan Tiga Induk Suku Chaniago di Tapan

Senin, 10 Januari 2022 | 08:00 WIB Last Updated 2022-01-10T14:56:50Z



Peresmian Pandam Kuburan Tiga Induk Suku Chaniago
Wabup Pessel Hadiri Peresmian Pandam Kuburan Tiga Induk Suku Chaniago di Tapan.

Pesisir Selatan, Mjnews.id - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariansyah menghadiri acara peresmian pandam kuburan tiga induk suku Chaniago di Nagari Riak Danau, Sungai Rumbai Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Sabtu (9/1/2022).

Dalam Sambutannya, Rudi Heriansyah mengatakan, ia hadir mewakili Bupati Rusma Yul Anwar yang berhalangan hadir dikarena sedang tidak enak badan. Selain itu, ia juga sebagai anak Ghapek atau juga sanak atau Family dari suku Chaniago

“Seharusnya yang hadir pak Bupati, namun beliau berhalangan hadir dikarenakan sakit jadi saya yang mengatikan. selain itu, saya juga merupakan sanak Family dari suku Chaniago, saya merupakan anak Ghapek Chaniago,"kata dia. 

Ia menyampaikan edukasi, teruslah untuk berfikir positif atau berfikir baik, agar kedepan hidup selalu semakin menjadi lebih baik dan tali silahturahmi akan selalu terjalin satu

"Jangan sampai nanti didunia kita ada perselisihan ataupun permusuhan, lalu saat meninggal dunia ternyata kuburan saling bersebelahan. Jadi hentikanlah perselisihan dunia, karena ujung-ujungnya kita juga akan sama-sama kembali kedalam tanah,"katanya.

“Begitupun hal lainnya, jika kita tidak bisa merubah seseorang sesuai dengan yang kita inginkan, maka rubahlah persepsi atau cara pandang kita terhadap orang tersebut. Kedepankan silahturahmi dan positif thinking agar semua menjadi lebih baik nantinya,"sambungnya.

Di kesempatan lain, Mukhsin, SE, MM selaku orang tua Ninik Mamak menyampaikan, peresmian Pendam kuburan Suku Chaniago ini akan menjadi momentum catatan bersejarah bagi seluruh Kaum Chaniago Nilau Tapan.

Sebab dalam pertemuan yang dilaksanakan di Nagari Riak Danau Tapan, bertempat di lokasi Pendam Pekuburan Tigo Induk Suku Chaniago Nilau Tapan, dilakukan peresmian lokasi pemakaman yang nantinya akan menjadi tempat peristirahatan terakhir atau pemakaman bagi anak ghapek suku chaniago. Tidak hanya itu, lokasi Pendam Pekuburan Tigo Induk Suku Chaniago Nilau Tapan, nantinya juga bisa diisi oleh urang sumando.

“Artinya, lokasi pemakaman memang untuk tigo induk Suku Chaniago. Tapi juga bisa berlaku untuk urang sumando atau suku lain selain chaniago yang dalam artian lain adalah urang sumando dari suku chaniago,” ungkap Mukhsin.

(myd)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update