Musda IV Bundo Kanduang Kota Sawahlunto Berjalan Lancar

Musda IV Bundo Kanduang Kota Sawahlunto
Musda IV Bundo Kanduang Kota Sawahlunto.

Sawahlunto, Mjnews.id – Bundo Kanduang Kota Sawahlunto, pada Sabtu (5/2/2022) melaksanakan musyawarah daerah (Musda) IV Bundo Kanduang, bertempat di ruang rapat DPRD Kota Sawahlunto. 
Hadir pada musda kali ini, Ketua Bundo Kanduang Provinsi Sumbar, Bundo Prof. Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib serta Walikota Sawahlunto dan Ketua DPRD Kota Sawahlunto serta para Forkopimda Kota Sawahlunto. 
Wako dalam sambutannya menyatakan, Pemko akan selalu memberi perhatian dan dukungan yang serius atas berkelanjutan berbagai kegiatan Bundo Kanduang Sawahlunto. Salah satunya, saat Bundo Kanduang Sawahlunto menyelenggarakan Musda ke-IV di DPRD Sawahlunto saat ini,” ungkap Wako Deri Asta yang hadir bersama istri, Ny. Meyvita Deri Asta. 
Bundo Kanduang memegang peran yang sangat penting dan strategis, serta secara tidak langsung telah ikut membantu Pemko dalam membangun Kota Sawahlunto. Keberadaannya,  sebagai limpapeh rumah gadang yang juga mencerminkan fungsi,  tidak tergantikannya peran dari Bundo Kanduang dalam menjaga agar tetap kokoh dan utuhnya rumah tangga, baik dalam lingkup kecil di rumah tangga maupun dalam lingkup secara luas, di Kota Sawahlunto. 
Begitupun bentuk dukungan lainnya, seperti Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu SE dan perwakilan Forkopimda, Wakapolres Sawahlunto Joni Darmawan juga turut hadir langsung. Hal ini menunjukkan dukungan nyata Pemko dan instansi vertikal kepada Bundo Kanduang Sawahlunto. 
Komitmen lain dan perhatian serta dukungan Pemko Sawahlunto kepada Bundo Kanduang telah diterjemahkan melalui berbagai fasilitas dan berbagai kegiatan, melalui bagian atau OPD terkait. 
Wako Deri Asta sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bundo Kanduang Sawahlunto yang telah melakukan berbagai hal, seperti yang dilaporkan oleh Ketua Bundo Kanduang Sawahlunto, Bundo Nurjanis. Berupa pendokumentasian pakaian adat dan perhiasan perempuan di Kota Sawahlunto dan  mengusulkan penggunaan baju kuruang basiba dan taluak balango oleh ASN pada salah satu hari kerja. 
Wako Sawahlunto optimis, ke depannya akan semakin banyak kiprah dan kegiatan yang dilakukan oleh bundo Kanduang Sawahlunto. Untuk itu, pemko  juga akan lebih meningkatkan perhatian dan dukungannya pada Bundo Kanduang Sawahlunto. 
Sementara itu, Ketua Bundo Kanduang Provinsi Sumbar, Bundo Prof. Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib menyampaikan apresiasinya kepada Pemko Sawahlunto, atas perhatian dan  kehadiran Walikota, Ketua DPRD dan perwakilan Forkopimda dalam Musda Bundo Kanduang Kota Sawahlunto IV ini.
(Fidel)