PORBBI Bukittinggi - Agam Galang Dana untuk Dua Masjid Kebakaran di Palembayan dan Maninjau
×

Adsense

Adsense Mobile

PORBBI Bukittinggi - Agam Galang Dana untuk Dua Masjid Kebakaran di Palembayan dan Maninjau

Minggu, 20 Februari 2022 | 22.30 WIB Last Updated 2022-02-20T15:33:27Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Andi Tropong bersama Predo
Andi Tropong (kiri) bersama Predo (kanan). (munasril)

BUKITTINGGI, MJNews.id - Adanya terjadi musibah kebakaran yang melanda Masjid Taqwa di Tamtaman, Kecamatan Palembayan yang terjadi Selasa 15 Februari 2022 dan bencana yang sama juga terjadi di salah satu masjid di Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Musibah yang melanda dua masjid yang berbeda ternyata mendapat perhatian dari komunitas peburu babi, sumbangan terkumpul tercatat sebesar Rp. 20 juta. Uang tesebut nanti akan dibagi dua masing-masing Rp. 10 juta untuk Masjid Taqwa, Palembayan dan Rp. 10 juta untuk bantuan salah satu masjid di Maninjau.

Penggalangan dana dilakukan bertepatan dalam pergelaran acara buru alek Nusantara II, Kecamatan Kamang Magek, Minggu 20 Februari 2022, terkumpulnya uang sebesar Rp. 20 juta adalah atas inisiasi dari panitia (sipangka) buru alek tersebut.

Penggalangan dana untuk bantuan dua masjid mendapat musibah kebakaran, diinisiasi oleh Ketua Porbbi Bukittinggi - Agam beserta pengurus lainnya. Hal ini hendaknya menjadi sebuah percontohan bagi pengurus Porbbi lainya dalam membantu musibah.

Ketua Porbbi Bukittinggi - Agam, Fredo St. Pangulu didampingi Irdam, St. Mantari dihubungi di sela-sela acara buru babi mengatakan, sumbangan terkumpul pada saat ini sebanyak Rp. 20 juta nanti akan dibagi dengan 2 masjid mendapat musibah, Maninjau dan Palembayan.

Memang olahraga buru babi ini identik dengan ternak anjing yang mana tujuannya tetap bersinergi dengan masyarakat untuk pemberantasan hama babi. Di samping itu Porbbi Agam - Bukittinggi selalu melakukan kegiatan sosial tiap bulan, seperti membagi beras kepada anak yatim yang itu sudah menjadi kloter tiap bulanan, minimal beras yang dibagi sebanyak 160 kg/bulan.

"Kami dapat informasi kebakaran masjid di Palembayan dan Maninjau. Setelah acara ini selesai dan kita melakukan serah terima dengan panitia pelaksana pengurus Porbbi Agam-Bukittinggi dan Porbbi Kamang Magek (Kamek) nanti akan merealisasikan dana tersebut ke lokasi kebakaran. Kepada donatur yang sudah menyumbang, kami dari Porbbi Agam - Bukittinggi dan Porbbi Kamek mengucapkan ribuan terima kasih semoga yang diberikan merupakan amal ibadah," ujar Fredo juga diamini oleh Irdam.

Sementara mantan pengurus Porbbi Padang, Andi Nizar yang akrab disapa Andi Tropong, ketika diminta tanggapannya oleh MJNews.id mengatakan, kalau dilihat inisiatif Porbbi Agam - Bukittinggi terhadap musibah kebakaran di Palembayan dan Maninjau ini bisa dijadikan inisiasi dan diharapkan menjadi contoh di Porbbi-Porbbi lainnya, memang kita harus memperlihatkan kepada masyarakat bahwasanya porbi bukan saja sebatas berburu tetapi juga ada kegiatan-kegiatan sosial juga.

"Ini juga membuktikan bahwasanya silahturahmi porbi ini berdampak positif," katanya.

Mengacu kepada filosifi berburu baanjiang saikua, barantai sarawan, bapisau sebilah, galah sabatang, rimbo satumpak basamo kito salasaikan. Maksudnya, apa pun yang terjadi kita selalu bersama, sakit seorang sakit semua begitulah lambang dari silaturahmi Porbbi ini.

(Ril)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update