BPJS Kesehatan Adakan PIL di Desa Ibul Jaya Kota Bumi
×

Adsense

Adsense Mobile

BPJS Kesehatan Adakan PIL di Desa Ibul Jaya Kota Bumi

Selasa, 29 Maret 2022 | 11:39 WIB Last Updated 2022-03-29T04:40:46Z


loading...

KOTABUMI, MJNews.id - Agar informasi terkait Program JKN-KIS dapat menjangkau masyarakat hingga ke pelosok daerah, BPJS Kesehatan tak pernah lelah melaksanakan kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL) di kota maupun di desa.

Seperti pada kesempatan kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi kembali menggelar PIL di Desa Ibul Jaya, Kecamatan Hulu Sungkai, Selasa 29 Maret 2022.
 
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Meivy Yanti mengatakan bahwa kegiatan PIL ini perlu terus dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan info ter-update mengenai Program JKN-KIS.
 
“Lokasi desa yang jauh dan jaringan internet yang tidak begitu bagus biasanya menjadi hambatan masyarakat dalam mengakses suatu informasi. Untuk itu kita terus melaksanakan sosialisasi agar masyarakat memiliki pemahaman yang sama tentang Program JKN, apalagi sekarang ada program REHAB yang bisa dimanfaatkan warga,” kata Meivy.
 
Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) adalah program keringanan pembayaran tunggakan iuran bagi Peserta PBPU yang memiliki tunggakan di atas 3 bulan (4 sampai dengan 24 bulan), dimana status kepesertaan peserta program REHAB baru dapat aktif ketika seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan telah lunas. Peserta JKN dapat mendaftarkan diri ke dalam Program REHAB melalui aplikasi Mobile JKN.
 
Kaur Umum Desa Ibul Jaya, Suharno, menegaskan bahwa dengan diundangnya aparat desa dalam kegiatan sosialisasi ini diharapkan para aparat desa dapat membantu menyebarluaskan informasi yang didapatkan kepada seluruh warga desa Ibul Jaya.
 
“Saya minta kepada Bapak/Ibu aparat desa untuk mendengarkan secara cermat seluruh materi yang disampaikan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan. Ini adalah kesempatan kita untuk melakukan konfirmasi, mumpung ada petugas BPJS Kesehatan di sini,” ujar Suharno.
 
Dalam kesempatan itu pula tak lupa Suharno melakukan konfirmasi atas pesan berantai yang beredar di grup Whatsapp terkait non aktifnya kartu Peserta JKN jika dalam kurun waktu tertentu tidak digunakan untuk berobat, dan merasa lega setelah pemateri sosialisasi menyatakan bahwa hal tersebut adalah hoax belaka.
 
“Jika ada kabar yang kurang jelas sebaiknya langsung ke konfirmasi ke BPJS Kesehatan ya. Kita juga harus menginfokan nomor PANDAWA kepada warga agar mereka bisa mengurus kepesertaannya melalui Whatsapp, kasihan kalau harus ke kantor cabang karena jauh sekali,” lanjutnya.
 
Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi dapat diakses melalui nomor 081318819104. Jenis pelayanan kepesertaan yang dapat diakses oleh Peserta JKN melalui PANDAWA yaitu daftar peserta baru, pendaftaran bayi baru lahir, ubah data, ubah FKTP, penonaktifan peserta meninggal dan pengaktifan kembali kartu.

(Mirza)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update