Bupati Solsel Tandatangani MoU dengan Pemkab Padang Pariaman
×

Adsense

Adsense Mobile

Bupati Solsel Tandatangani MoU dengan Pemkab Padang Pariaman

Selasa, 29 Maret 2022 | 05:00 WIB Last Updated 2022-03-29T17:32:33Z


loading...

Bupati Solsel Tandatangani MoU dengan Pemkab Padang Pariaman
Bupati Solsel Tandatangani MoU dengan Pemkab Padang Pariaman. (f/ikp)

Parit Malintang, Mjnews.id - Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, SE.MM didampingi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM terima kunjungan kerja dari Bupati Solok Selatan, Drs. H. Khairunas yang juga didampingi oleh Sekretaris Daerah Drs. Syamsuraldi, S.IP., SE. MM beserta kepala Dinas terkait dan Wali Nagari terkait di Hall IKK kawasan Parit Malintang pada Senin (28/03/2022).

Selain dalam rangka Kunjungan Kerja, Bupati Solok Selatan juga melakukan Penandatanganan (MoU) Replika Inovasi Nagari Go Digital (NAGITA), sekaligus menghadiri Launching Inovasi pelayanan Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman serta Perjanjian Kerjasama Pelayanan integritasi Penerapan SPBE dan Smart City antara Disdukcapil Kab. Padang Pariaman dengan Disdukcapil Kabupaten Solok Selatan dan Diskominfo Kabupaten Padang Pariaman dengan Diskominfo Kabupaten Solok Selatan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melakukan pengembangan inovasi layanan daring yang bertujuaan untuk memudahkan layanan administrasi kependudukan, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Layanan ini berkembang secara masif melalui kolaborasi dengan Pemerintah Nagari, serta dukungan kebijakan teknis dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati Solok selatan Drs.H Khairunas dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya dua perjanjian ini ia berharap bisa membawa ketertinggalan Kabupaten Solok Selatan. Selain itu ia juga berharap bisa berinovasi seperti Kabupaten Padang Pariaman. Menurutnya untuk mewujudkan itu semua tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama antara Bupati, Kepala Dinas dan seluruh stakeholder terkait.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh dan motivasi kami di solok selatan dan bisa mengikuti jejak dari saudara kami di Kabupaten Padang Pariaman, dan ini adalah pintu dari kemajuan kami dan pintu kami untuk sama-sama dengan Kabupaten/kota yang ada di Sumatra Barat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Suhatri Bur mengucapkan terimakasih kepada pemerintahan Kabupaten Solok Selatan yang telah mempercayai Kabupaten Padang Pariaman untuk percepatan pelayanan dan kami berusaha menjadi yang terdepan sesuai dengan visi misi kita yaitu Kabupaten yang unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya.

“Disdukcapil sebagai unit penyelenggara pelayanan publik, melalui inovasi tersebut telah membuat Kabupaten Padang Pariaman dikenal luas. serta menjadikan Kabupaten Padang Pariaman sebagai daerah tujuan kunjungan kerja atau studi tiru bagi daerah yang tertarik dengan inovasi kami. Sampai saat ini, Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman telah memiliki 60 (enam puluh) inovasi,” ujarnya.

Selain itu, Suhatri Bur juga mengapresiasi kinerja dan pengembangan inovasi oleh Disdukcapil, yang telah memberikan motivasi layanan yang membahagiakan masyarakat serta menjadikan Pemerintah hadir di tengah masyarakat.

“Semoga dengan Penandatanganan Kerjasama Layanan Terintegrasi, yang bertujuan untuk melayani masyarakat dalam mendapatkan Administrasi Kependudukan, dapat terlaksana sebagaimana harapan kita bersama,” harapnya.

Pada kesempatan ini, juga dilaksanakan launching beberapa inovasi kolaborasi dengan beberapa instansi diantaranya : PENCAK SILAT (Pencatatan Kematian Terintegrasi Menghasilkan Data Akurat), STOP PELAKOR (Solusi Jitu Up To Date Pendataan Penduduk Melalui Pelaporan Kematian oleh Wali Korong), DERITA ALADIN (Dengar Berita Kematian Akta Langsung Diterbitkan), BUPOKARI (Buku Pokok Pemakaman Nagari), PESAN BUNDA (Pelayanan Istbath Nikah Berkolaborasi Untuk Data yang Akurat), MENARI BERSAMA BIDADARI (Membantu Akta Kelahiran Bersama Bidan Praktek Mandiri), BERKAH ONLINE (Kolaborasi Pelayanan Adminstrasi Kependudukan dan Pernikahan Online) dan PELANGI KITA (Peningkatan Pelayanan Terintegrasi KIA) serta penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) yang diserahkan langsung oleh Bupati Padang Pariaman.

Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Sekda Kab.Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis,S.STP.MM, , Ketua Pengadilan Agama Pariaman, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatra Barat (mewakili), Staf Ahli, Asisten beserta Kepala Badan/Dinas/Kantor dan Kepala Bagian di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Camat se-Kabupaten Padang Pariaman dan Walinagari se-Kabupaten Padang Pariaman dan KUA Se-Kabupaten Padang Pariaman.

(ikp/sul)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update