Dasawisma Rosella Kota Sawahlunto Juara Pertama Tingkat Sumbar

Dasawisma Rosella Kota Sawahlunto Juara Pertama
Dasawisma Rosella Kota Sawahlunto Juara Pertama Tingkat Sumbar. (f/humas)

Dharmasraya, Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah bersama Ketua TP-PKK Sumbar, Harneli Mahyeldi pada Rabu 9 Maret 2022, menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada kelompok Dasawisma Rosella, Kelurahan Saringan, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto bertempat di Sitiung I, Kabupaten Dharmasraya. 
Penghargaan tersebut diserahkan, bertepatan dengan acara Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) secara terintegrasi tahun 2022 di Embung Rawang Tinjau atau tepatnya di Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. 
Dasawisma Rosella Saringan setelah melalui berbagai penilain yang dilakukan oleh Tim Penilai Provinsi Sumbar, akhirnya Dasawisma Rosella ditetapkan sebagai juara pertama (I), tingkat Provinsi Sumbar. 
“Terima kasih buat semua yang telah mendukung kegiatan ini dan berkat kerjasama yang baik, dasawisma Rosella Kelurahan Saringan, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto berhasil meraih juara pertama (I) Tingkat Provinsi Sumatera Barat,” ujar Lurah Saringan, Mulyadi dengan mata berkaca-kaca. 
Kita ketahui, Dasawisma Rosella Saringan Kota Sawahlunto, telah dinilai oleh tim penilai Provinsi Sumbar beberapa waktu lalu, Selasa (22/2/2022).
Ketua tim penilai kelompok Dasawisma tingkat Provinsi, sekaligus Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny Dr Fitria Amalia Audy SPKK, MKes sangat kagum dan apresiasi terhadap berbagai kegiatan yang dilakukan oleh kelompok Dasawisma Rosella, yang beralamat di RT 001/RW 03 Lubang Tembok, Kelurahan Saringan.
Saat penilaian, rombongan disambut langsung oleh Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE bersama dengan Wakil Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto, Ny Neldaswenti Zohirin, MSi yang sekaligus sebagai Ketua GOW Kota Sawahlunto.
Wakil Ketua TP-PKK Sumbar, Ny Fitria Amalia Audy saat dikonfirmasi oleh awak media sesaat di sela-sela kunjungan penilaian menyatakan bahwa kelompok Rosella sebenarnya sudah menjadi pemenang. “Karena sudah masuk ke dalam lima besar terbaik, di tingkat Provinsi Sumbar,” ungkapnya saat itu, Selasa (22/2/2022), di sela-sela kunjungan ke lapangan. 
Lebih lanjut dikatakan, kita harapkan kelompok ini bisa menjadi contoh bagi Dasawisma lain, utamanya di Kota Sawahlunto. Sehingga mampu dan berimbas kepada meningkatnya ekonomi keluarga yang sekaligus dapat mensejahterakan warga masyarakat secara umum melalui berbagai kegiatannya. “Seperti, berbagai produk UMKM kerajinan dan makanan, kebun tanaman toga dan lainnya,” urai Ny. Fitria Amalia Audy saat itu. 
Program unggulan dari Dasawisma Rosella adalah mengenai data anak Stunting beserta cara pencegahan dan penanggulangannya. Begitupun terhadap penerapan Protokol Kesehatan (Prokes), di lingkungan Dasawisma Rosella relatif cukup baik dan tertata. 
Neldaswenti Zohirin, yang juga sebagai Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan anggota DPRD Kota Sawahlunto ini menuturkan bahwa, pemerintah bersama dinas dan instansi terkait telah bersinergi melakukan pembinaan dan pendampingan kepada seluruh kelompok Dasawisma yang ada di Kota Sawahlunto. 
“Ke depannya, kita akan melakukan inovasi dalam hal pendataan seluruh Dasawisma agar data yang ada dapat diakses secara online, terintegrasi dengan data yang ada pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sawahlunto,” ungkap Neldaswenti seusai penilaian.
(Fidel)