DPD RI Berperan Ciptakan Calon Anggota BPK RI Berkualitas
×

Adsense

Adsense Mobile

DPD RI Berperan Ciptakan Calon Anggota BPK RI Berkualitas

Selasa, 29 Maret 2022 | 11:35 WIB Last Updated 2022-03-29T16:40:31Z


loading...

JAKARTA, Mjnews.id - Ketua Komite IV DPD RI Sukiryanto mengatakan keberadaan BPK RI sangat penting dalam memeriksa keuangan negara yang kompatibel. Untuk itu, DPD RI telah memberikan rangking lima orang terbaik dalam fit and proper test calon BPK RI dan diserahkan ke DPR RI.

"BPK RI merupakan lembaga yang independen dan mandiri. Perannya juga sangat penting dalam memeriksa keuangan negara atau APBN, sehingga tidak ada keuangan yang disalahgunakan," ucap Sukiryanto saat menjadi narasumber di Youtube Kabar Senator, Jakarta, Senin (29/3/2022).

Sukiryanto menambahkan DPD RI juga sangat berperan penting dalam menciptakan BPK RI yang baik dan bersih. Artinya DPD RI bertanggungjawab dalam menciptakan calon Anggota BPK RI yang benar-benar berkualitas, walaupun penentunya ada di tangan DPR RI.

"Kita menyaring dari beberapa calon, kemudian kita rangking satu hingga lima. Namun hak penuh yang menentukan adalah DPR RI," tegasnya.

Senator asal Kalimantan Barat itu mengatakan secara aturan berdasarkan pertimbangan DPD RI bisa menjadi acuan DPR RI. Namun tidak elok rasanya bila rekomendasi DPD RI tidak dipertimbangkan.

"Apabila DPR RI mengambil nama di luar lima besar. Hal tersebut bisa menjadi pertanyaan. Sama saja tidak menghargai pertimbangan DPD RI," tuturnya.

Selama ini, sambung Sukiryanto, DPR RI selalu menggacu dari rangking lima besar hasil rekomendasi DPD RI.

Ia juga mengakui bahwa calon BPK RI yang telah mengikuti fit and proper test di DPD RI memiliki kemampuan dan pengetahuan yang hebat.

"Kami telah memfokuskan fikiran dan tenaga karena fit and proper test BPK RI merupakan momen penting. Dimana Anggota BPK RI kita benar-benar seleksi orang-orang berkualitas," imbuhnya.

(rls/dpd)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update