DPMPTSP Padang Panjang Koordinasi Kuota Pelatihan ke BLK Sawahlunto

DPMPTSP Padang Panjang ke BLK Sawahlunto
DPMPTSP Padang Panjang Koordinasi Kuota Pelatihan dengan BLK Sawahlunto. (kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terus mengupayakan berbagai pelatihan bagi warga Padang Panjang dengan menjalin kerja sama dengan beberapa Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada di seluruh Indonesia.
Seperti kemarin, Selasa (1/3/2022), DPMPTSP mengunjungi BLK Sawahlunto, guna koordinasi kuota pelatihan untuk 70 orang/tahun yang disediakan BLK Sawahlunto bagi kabupaten/kota di Sumatera Barat.
“Kita meminta kuota pelatihan bagi warga Padang Panjang. Alhamdulillah mereka akan mengusahakan kuota pelatihan untuk masyarakat kita,” ungkap Kadis DPMPTSP, Ewasoska, SH, Rabu (02/03/2022).
Lebih lanjut Ewa menjelaskan, adapun diklat yang diusahakan pihaknya yaitu berbasis kompetensi yang telah dilaksanakan di BDTBT (Badan Diklat Tambang Bawah Tanah).
“Di antaranya, Diklat Operator Pengeboran untuk Peledakan Tambang Bawah Tanah, Diklat Operator Surveyor Tambang Bawah Tanah, Diklat Juru Ukur Tambang dan Diklat Pengelasan Plate Welder SMAW 3F,” kata Ewa.
Untuk tahun ini, pihaknya mengusahakan warga Padang Panjang bisa mendapatkan kuota dalam pelatihan yang dilaksanakan BDTBT tersebut.
Menurutnya, diklat ini dapat menjadi bekal guna mendukung dan memperbesar peluang di dunia tambang. Karena pada diklat ini akan diberikan ilmu-ilmu praktis di samping teori yang nantinya akan digunakan di perusahaan.
“Sesuai hasil koordinasi kemarin, pihak BLK Sawahlunto akan mengusahakan kuota pelatihan untuk Padang Panjang. Akan tetapi, untuk tahun ini kuota pelatihannya akan digabung dengan kabupaten/kota lain. Untuk tahun depan, insyaa Allah kita akan disediakan kuota pelatihan sendiri dari sana,” tutupnya.
(rfk/arb)